Kacang Polong dan 7 Makanan Ini Bantu Anda Tampak Awet Muda

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 05 Dec 2017 14:30 WIB
studi kesehatan
Kacang Polong dan 7 Makanan Ini Bantu Anda Tampak Awet Muda
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Penuaan tak hanya membuat kulit tampak keriput dan kendur. Lebih dari itu, penuaan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penuaan memang tak bisa dihindari, tetapi paling tidak bisa diperlambat. Selain mengadopsi gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan cukup tidur, asupan makanan sehat ini dapat membantu mencegah penuaan.

Kacang polong

Menurut sebuah penelitian yang diterbikan BMJ, kacang polong utuh dan jenis kacang polong lainnya bisa memperlambat penuaan hingga tingkat sel. Peneliti menilai, serat dan antioksidan yang terkandung dalam kacang polong dapat memberikan kekuatan pada sel agar bisa bertahan lebih lama.

Kenari

Menurut penelitian yang dipublikasikan di BMC Medicine, mengonsumsi kacang kenari secara rutin selama tiga kali dalam seminggu atau lebih dapat memperpanjang usia hingga dua sampai tiga tahun. Sebab, kacang kenari secara signifikan mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung seiring bertambahnya usia.

Selain itu, kacang kenari juga terbukti membuat Anda lebih pintar.

Protein nabati

Protein nabati dapat membantu memperpanjang masa hidup Anda, terutama jika Anda menderita masalah ginjal, menurut sebuah studi yang dilakukan American Society of Nephrology.

Makanan seperti quinoa, beras, kacang-kacangan, kedelai, tahu, dan soba hampir sama dengan protein pada daging. Namun positifnya, asupan makanan nabati memberikan tambahan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Wortel

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Glasgow menemukan bahwa kandungan karotenoid yang dimiliki oleh sayuran berwarna oranye ini sangat bagus untuk mengatasi penuaan. Wortel juga kaya vitamin A yang bagus untuk penglihatan Anda.

Kelapa

Kelapa kaya kandungan lemak sehat. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Copenhagen, kelapa dapat memperlambat penuaan otak dengan melindungi DNA dari kerusakan.

Ubi jalar

Tak diduga, ubi jalar ternyata memliki manfaat yang besar terhadap kesehatan kita. Menurut periset Kansas State University, ubi jalar yang kaya akan kandungan anthocyanin  dapat mengurangi risiko kanker dan meningkatkan umur.  

Namun, jangan sampai manfaat ubi jalar hilang karena salah penyajian seperti dimasak dengan gula. Jika hal itu dilakukan, ubi jalar justru tidak baik terhadap kesehatan.

Cokelat dan wine

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan Cell Metabolism, cokelat dan wine mengandung senyawa resveratrol. Senyawa tersebut dapat membalikan tanda-tanda penuaan seluler.

Untuk mendapatkan anti penuaan tersebut, pilihlah coklat gelap dan anggur merah.

Delima

Menurut sebuah studi Prancis, buah delima mengandung urolithin A. Molekul tersebut sangat baik bagi sel otot untuk melindungi diri dari salah satu penyebab utama penuaan.




(DEV)