Jeruk Bali Hingga Seledri Bantu Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

   •    Selasa, 05 Dec 2017 17:17 WIB
kesehatan
Jeruk Bali Hingga Seledri Bantu Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat
Seledri, salah satu makanan yang membantu menurunkan berat badan lebih cepat. (Foto: Thinkstock)

Jakarta: Memiliki tubuh ideal dan sehat sudah pasti jadi impian semua orang. Namun terkadang pemilihan diet yang salah justru membuat berat badan tubuh naik lebih banyak sementara Kita menilai diet yang dilakukan sudah tepat.

Beberapa makanan di bawah ini ternyata bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat dan ideal. Apa saja?

Irisan jeruk bali
Anda mungkin pernah mendengar tentang diet jeruk bali tapi Anda tak harus diet ketat dengan hanya mengonsumsi jeruk bali saja untuk menurunkan berat badan.

Makan setengah jeruk bali atau membuatnya menjadi jus dan dikonsumsi tiga kali sehari membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Kandungan phytochemicals dalam buah ini mampu mengurangi kadar insulin dalam tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi, bukan lemak.

Kayu manis
Kayu manis adalah rempah super yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Dalam hal menurunkan berat badan, kayu manis mampu mengendalikan lonjakan insulin setelah makan.

Campurkan rempah ini ke dalam menu sereal pagi Anda atau campurkan dengan minuman saat sarapan. Penelitian menunjukkan hanya dengan seperempat sendok teh kayu manis sehari dapat menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol, dan trigliserida.

Cabai merah
Memberi sedikit rasa pedas pada menu makan Anda dapat mendorong penurunan berat badan. Menambahkan sedikit cabai saat sarapan membuat Anda memilih makan siang lebih sedikit.

Kandungan capsaicin dalam cabai atau paprika merah bisa menekan nafsu makan. Campurkan sedikit cabai dalam menu omelet Anda untuk mendapatkan rasa yang mantap.

Teh adas
Lagi-lagi teh menjadi salah satu minuman yang berkontribusi pada penurunan berat badan. Kandungan potasium, magnesium, dan kalsium serta vitamin B dan C membantu menjaga berat badan tetap seimbang.

Teh ternyata bekerja sebagai penahan nafsu makan dan pendorong metabolisme yang keduanya membantu penurunan berat badan. Teh adas banyak dijual di supermarket dan sisipkan pengonsumsiannya dalam menu makan Anda.

Selain teh adas, teh hijau juga mampu menurunkan berat badan. Studi yang dilakukan Journal of Nutrition menyebut minimal lima cangkir teh hijau per hari mempercepat penurunan berat badan dua kali lipat.

Salad
Mengonsumsi salad berkalori rendah sebelum makanan utama selain membantu menurunkan berat badan juga untuk memastikan asupan serat harian dari sayuran terpenuhi.

Sedikit salad membuat Anda sedikit lebih kenyang saat makan utama. Anda hanya harus memastikan tidak terjebak dengan saus berlemak dan menggantinya dengan sedikit minyak zaitun dan cuka untuk menambah rasa.

Seledri
Seledri mampu membakar banyak kalori dalam tubuh. Seledri yang diolah dengan sumber serat lain akan memaksimalkan kandungan gizi di dalamnya.

Seledri bisa diaplikasikan bersama salad sebelum makan utama dan menjadi alternatif camilan ketika siang hari Anda ingin mengunyah sesuatu.

Lentil
Lentil memiliki kekuaatan untuk memuaskan rasa lapar Anda tanpa harus mengonsumsi kalori dan lemak yang berlebihan. Lentil kadang digunakan sebagai pengganti daging karena fungsinya mampu menggantikan daging yang cenderung berkalori tinggi dengan banyak lemak jenuh.

Lentil juga mengandung banyak serat yang selain membuat perut lebih cepat kenyang juga baik untuk pencernaan serta mendukung pertumbuhan sel yang lebih sehat.

Cokelat hitam
Cokelat hitam disebut berkontribusi menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Mengunyah cokelat hitam berkualitas baik lebih bergizi ketimbang susu. Cokelat hitam yang juga kaya antioksidan memberi efek positif pada kesehatan.

Mengonsumsi cokelat hitam mampu mengekang keinginan tubuh mengonsumsi makanan manis. Beberapa blok kecil cokelat hitam mampu memadamkan rasa ingin mengonsumsi makanan manis yang mengandung banyak kalori.

Quinoa
Quinoa dikenal sebagai induk dari segala biji-bijian oleh orang Peru kuno. Selain mampu menurunkan berat badan quinoa mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama lantaran kandungan proteinnya yang tinggi.

Mengonsumsi quinoa hampir sama dengan mengonsumsi nasi putih atau pasta sebagai pengganti sumber karbohidrat. (Gulf)




(MEL)