Hilangkan Ketombe dengan Telur dan Yogurt

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 18 Jan 2018 17:14 WIB
rambut
Hilangkan Ketombe dengan Telur dan Yogurt
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Ketombe bisa muncul karena beberapa alasan. Antara lain kulit kepala yang gatal karena keramas, kulit kepala kering sehingga menghasilkan serpihan epidermis, dan juga sensitif terhadap produk tertentu.

Ketombe juga bisa disebabkan infeksi jamur. Apakah Anda juga memiliki rambut berketombe? Simak bagaimana masker rambut anti ketombe ini akan bekerja:

Anda hanya perlu menyiapkan secangkir plain yogurt dan satu butir telur mentah. Campurkan keduanya, lalu oleskan ke seluruh kulit kepala, pijatlah di area yang paling banyak ketombe.

Setelah itu, diamkan selama setengah jam dan bilas dengan sampo. Untuk hasil maksimal, jalankan cara ini sekali setiap minggu.

Mengapa dua bahan alami ini bisa menghilangkan ketombe? Telur kaya protein juga membantu mencegah kerontokan. Lemak susu dalam yogurt membantu melembabkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

Selain itu, yogurt juga bersifat anti bakteri dan membantu menyembuhkan kulit kepala dari gatal, serpihan, dan kering.

Anda juga bisa mengusir ketombe dengan lada hitam yang bersifat anti jamur. Campurkan telur mentah, plain yogurt dan satu sendok teh lada bubuk, kemudian oleskan pada rambut.

Bila Anda tidak tahan dengan bau telur, campurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam masker rambut sebelum mengaplikasikannya. Jus lemon juga manjur menahan penyebaran infeksi jamur.

Namun, Anda perlu mendiamkan rambut selama 30 menit sebelum dibilas untuk mendapatkan hasil terbaik. Pilihlah sampo yang ringan, karena shampo antiketombe justru menggunakan bahan kimia yang sangat kuat dan akan menjadikan ketergantungan.


(TRK)