Tidak Hanya Kopi, Makanan dan Minuman Ini Bisa Juga Menjadi Sumber Kafein

Raka Lestari    •    Minggu, 05 Nov 2017 08:05 WIB
kesehatan
Tidak Hanya Kopi, Makanan dan Minuman Ini Bisa Juga Menjadi Sumber Kafein
Cokelat hitam dipercaya dapat memberikan tambahan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Satu batang cokelat hitam dapat mengandung sampai 20 mg. (Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minuman yang mengandung kafein biasanya identik dengan kopi. Namun ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein juga selain kopi. Kafein dipercaya dapat membangkitkan semangat dan juga bisa menghilangkan rasa kantuk setelah mengonsumsinya. 

Dilansir dari Rd.com, berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang bisa menjadi sumber kafein yang dapat membangkitkan semangat Anda: 

(Baca juga: Studi: Cokelat Tingkatkan Kemampuan Otak)



1. Teh 
Satu cangkir teh hijau atau teh hitam biasanya mengandung 30 mg kafein, sehingga Anda bisa mengonsumsinya secara aman tanpa khawatir mengonsumsi kafein berlebihan. Namun Anda harus berhati-hati terhadap teh chai yang bisa mengandung kafein setara dengan satu cangkir kopi. 

2. Minuman bersoda
Minuman bersoda juga dapat membangkitkan semangat Anda selain kopi lainnya, kandungan kafein dalam minuman bersoda sebanyak 30 mg. Asalkan jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena kandungan gula dalam minuman bersoda tidak baik untuk tubuh Anda. 

3. Minuman berenergi 
Minuman berenergi merupakan minuman yang mudah dijumpai di pasaran. Dengan kandungan kafein yang hampir setara dengan kopi dan rasa manis yang lebih menggirukan dibandingkan kopi, minuman berenergi bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan asupan kafein. 

4. Cokelat hitam (dark chocolate)
Cokelat hitam dipercaya dapat memberikan tambahan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Satu batang cokelat hitam dapat mengandung sampai 20 mg. Anda bisa mencoba cokelat selain kopi untuk mendapatkan asupan kafein. 

5. Protein bars
Protein bars atau snack yang berprotein juga merupakan salah satu sumber kafein yang bisa dijadikan pilihan. Satu batang snack protein bisa mengandung sampai 50 mg kafein. Tidak Hanya Kopi, Makanan dan Minuman Ini Bisa Juga Menjadi Sumber Protein 









(TIN)