Kurang Nutrisi Sejak dalam Janin Berpengaruh Hingga Dewasa

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 11 Aug 2017 10:15 WIB
kehamilan
Kurang Nutrisi Sejak dalam Janin Berpengaruh Hingga Dewasa
Kebutuhan gizi akan meningkat hingga 2-3 kali lipat begitu menginjak trimester kedua dan ketiga. (Foto: Freestocks Org/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nutrisi yang diperoleh dalam asupan makanan adalah hal yang penting bagi tubuh, sejak dalam kandungan hingga berusia senja. 

Namun tahukah Anda bahwa kurang nutrisi saat masih janin dapat berpengaruh hingga dewasa?

"Sehat tidaknya seseorang ditentukan saat dia masih berada dalam kandungan," demikian menurut Dr. med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) selaku konsultan fetomaternal dari Departemen Obsteri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam temu media Kalbe Blackmores Nutrition (KBN), Kamis 10 Agustus 2017.

Menurutnya, dalam kandungan adalah cetak biru (kerangka terperinci sebagai landasan) bagi tubuh manusia yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan hingga tua. 



(Baca juga: 10 Cara Jalani Kehamilan Sehat untuk Wanita Obesitas)

"Perkembangan kesehatan anak tak hanya berpengaruh pada penyakit bawaan, namun juga berpengaruh pada perilaku dan kepandaian anak. Ini tergantung pada pemenuhan nutrisi," tambah dia. 

Menurut dr. Damar, pemenuhan nutrisi pada kehamilan trimester pertama tak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan tak hamil. Namun, kebutuhan gizi akan meningkat hingga 2-3 kali lipat begitu menginjak trimester kedua dan ketiga. 

Oleh karena itu, faktor nutrisi memiliki peran sangat penting dalam masa kandungan, baik makro maupun mikronutrien.









(TIN)