Orang Kurus Juga Bisa Terkena Serangan Jantung, Ini Alasannya

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 18 Jul 2017 17:41 WIB
kesehatan
Orang Kurus Juga Bisa Terkena Serangan Jantung, Ini Alasannya
(Foto: Triadhealthcenter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang berpikir faktor pemicu penyakit jantung terbesar adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Bila demikian, mengapa orang yang memiliki berat badan normal atau kurus juga bisa terkena serangan jantung?

"Serangan jantung itu penyebabnya multifaktor dengan hasil terjadinya penyumbatan antara aliran pada pembuluh darah dan otak," jawab dokter gizi klinik dr Samuel Oetoro, MS SpGK (K) dalam peluncuran Herbilogy, Selasa 18 Juli 2017.

Ia menjelaskan, aktivitas berlebih dapat menyebabkan pelepasan radikal bebas yang terlalu banyak sehingga pembuluh darah dapat rusak.

"Misalnya, saat kita berlari lebih daripada kapasitas jogging, di situ pelepasan radikal bebas menjadi berlebihan," ujar dokter yang praktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi tersebut.

Pelepasan radikal bebas tersebut berupa kumpulan atom yang bersifat merusak pembuluh darah dan kolagen dalam kulit.

Namun, bukan berarti hal tersebut tak bisa diatasi. Salah satu cara untuk menghindari dampak buruk dari aktivitas berlebih adalah konsumsi antioksidan dalam kadar tinggi.

Di satu sisi, antioksidan sendiri tak bisa hanya berasal dari satu jenis makanan saja. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan banyak jenis antioksidan untuk menangkal berbagai jenis radikal bebas.

"Saat antioksidan dari satu jenis makanan melepaskan radikal bebas dalam tubuh, ia juga menyerap radikal bebas jenis lain. Oleh karena itu, perlu berbagai jenis antioksidan (multiantioksidan) untuk memghilangkan radikal bebas," terangnya.

Beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan diantaranya adalah buah delima, teh hijau, dan rempah-rempah.


(DEV)