Seorang Bayi Meninggal karena Terlilit Selimut Saat Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Jul 2017 14:17 WIB
kisah
Seorang Bayi Meninggal karena Terlilit Selimut Saat Tidur
Sloan (7 bulan) harus meregang nyawa diakibatkan karena selimut yang menutupi wajahnya. (Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang ibu dari Washington memberi peringatan pada ibu-ibu lain melalui media sosial Facebook agar tidak membiarkan bayi mereka tidur dengan menggunakan selimut. 

Wanita tersebut menemukan anaknya Sloan yang baru berusia 7 bulan meninggal dengan selimut membungkus kepalanya pada awal Juli 2017. 

Wanita bernama Jordan DeRosier tersebut kemudian menggunakan media sosial untuk mendokumentasikan kesedihannya dan membagikan pengalamannya tersebut. 

Selimut memang berbahaya bagi bayi yang tidur tidur sendirian, ini karena tidak bisa dipantau apakah kain besar tersebut menghalangi mulut dan hidung untuk bernapas atau tidak.



Pada 3 Juli 2017, DeRosier mengunggah sebuah tulisan tentang bayinya.

"Pejuang kecil yang manis, waktumu yang sebentar di bumi ini sangat memberkati. Kamu adalah hadiah untuk semua orang yang mengenalmu dan inspirasi bagi mereka yang belum mengenalmu. Kematianmu telah memberi dampak pada dunia ini, meninggalkan empati bagi banyak orang."  

Namun, banyak warganet yang menyalahkannya karena suatu hal lain, maka DeRosier pun memberi penjelasan terkait kematian Sloan Valor Derosier keesokan harinya. 

(Baca juga: Tidur Terpisah dengan Orang Tua Membuat Bayi Terlelap Lebih Lama)

"Awalnya, saya tak ingin menjelaskan secara mendetail terkait kematian anak saya karena saya merasa bersalah dan takut dikutuki oleh orang lain. Namun saya tak akan membiarkan orang lain menyalahkan sesuatu yang tak tepat," terangnya.

"Ia (Sloan) sedang terbaring dengan dibungkus selimut buatan nenek buyut berwarna abu-abu yang sudah dipakaianya sejak lahir. Kemudian, mereka melihat selimut tersebut telah berada di tempat tidur Sloan dan membungkus kepalanya." 

Anda tak pernah berpikir hal itu akan terjadi pada anak Anda. Tolong jangan membiarkan bayi Anda tidur dengan menggunakan selimut. Tolong!

"Ia berusia 7 bulan, saya pikir itu karena ia merangkak, berdiri sendiri, dan memanjat, dan berpikir dia akan baik-baik saja dengan selimut."



Situs pengasuhan BabyCenter Menyarankan agar menunggu anak berusia 1 tahun untuk membiarkan mereka tidur dengan selimut. 

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), lebih baik bayi tidur bersama orangtua hingga berusia enam bulan, namun usahakan hingga 1 tahun. 

Organisasi tersebut juga merekomendasikan agar punggung bayi tidak dikelilingi atau dibebani dengan alas tidur, selimut, bantal, mainan, atau selimut yang lembut. 









(TIN)