5 Gangguan Kesehatan Akibat Keseringan Bermain Smartphone

Karina Yunita    •    Minggu, 21 Aug 2016 13:17 WIB
kesehatan
5 Gangguan Kesehatan Akibat Keseringan Bermain Smartphone
(Foto: amazonaws)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perangkat mobile seperti smartphone saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian kita.

Perangkat mobile tersebut sangat membantu kita untuk selalu terkoneksi dengan teman, rekan bisnis serta mempermudah pekerjaan kita. Di balik itu semua, banyak dari kita yang tidak menyadari adanya bahaya yang bisa diakibatkan perangkat tersebut bagi kesehatan.

Berikut lima bahaya smartphone bagi kesehatan  :

1. Perubahan fisik

Terlalu lama bermain smartphone dapat mengubah struktur tulang. Ketika menunduk 60 derajat, itu sama halnya dengan memberi beban pada kepala enam kali lipat dari beban maksimal. Alhasil, leher akan merasa tertekan sebab ada bantalan tulang yang bergeser.

2. Penuaan dini

Stuart H. Kaplan, MD mengungkapkan, ada banyak anak muda yang melakukan suntik botox untuk mengatasi kerutan dini. Setelah diteliti, hal tersebut terjadi karena paparan sinar smartphone.

3. Kanker otak

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan smartphone setengah jam sekali dalam sehari dengan durasi konstan 10 tahun meningkatkan risiko kanker otak sebanyak dua kali lipat.

Jika sesesorang menggunakan smartphone sejak masih remaja maka risiko akan meningkat sebesar 4 kali lipat. Hal ini disebabkan oleh radiasi yang kuat dari smartphone.

4. Menggangu ritme tidur

Tidur yang ideal adalah adalah antara 8 jam sampai 10 jam per hari. Faktanya, hanya 15 persen remaja di dunia yang melakukan itu. Teknologi berupa smartphone adalah salah satu yang menyebabkan anak zaman sekarang kurang tidur.

5. Sakit mata

Menurut survei yang dilakukan para peneliti, sebanyak 37 persen orang saat ini menghabiskan minimal 9 jam dengan bermain smartphone.

Sebanyak 7 dari 10 orang mengalami ketegangan mata. Akibatnya, mata menjadi kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan, serta kasus terparah adalah rabun dekat. Untuk itu jangan biarkan mata kamu terlalu lama dekat dengan smartphone.


(DEV)