Makanan yang Tepat untuk Persiapan Kompetisi Lari

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 25 Aug 2016 08:47 WIB
healthy tips
Makanan yang Tepat untuk Persiapan Kompetisi Lari
(Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam olahraga lari, tak hanya intensitas aktivitas yang diperhatikan, tetapi juga asupan yang membentuk energi. Makanan seperti apakah yang baik bagi mereka yang akan mengikuti kompetisi lari?

Untuk mengikuti kompetisi lari sendiri, latihan rutin harus dilakukan beberapa bulan sebelum pertandingan.

"Pada saat awal persiapan, konsumsilah makanan tinggi karbohidrat dan protein untuk menyembuhkan sel-sel yang rusak. Awal-awal, biasanya tubuh akan kaget sehingga butuh asupan yang bergizi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak," saran Agung Mulyawan selaku pelatih lari Pelatnas dalam konfrensi pers COMBI RUN 2016, Rabu (24/8/2016).

Menjelang akhir persiapan, pertahankan asupan karbohidrat agar tubuh terus berenergi, sementara jumlah asupan protein sebaiknya dikurangi.

Sebab, otot akan terus berkembang bila terus diberi protein. Otot yang mengembang akan menambah beban tubuh saat berlari.

"Kita harus mempersiapkan pola makanan ini minimal seminggu sebelum kompetisi agar karbohidrat telah berubah menjadi energi," ungkapnya.

Agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, buatlah variasi. Misalnya, hari ini makan nasi, besok kentang, lusa roti, dan sebagainya.

Persiapan Fisik

"Untuk persiapan fisik dilakukan circuit training dimana kekuatan daya tahan diutamakan untuk mempertahankan kecepatan dengan stabil," saran Agung.

Sebagai contoh dari pelatihan ini adalah melakukan gerakan, dan istirahat secara bergantian. Misalnya, seseorang bergerak selama 30 detik, kemudian istirahat selama 30 detik, dan berulang kali melakukan pola yang sama dengan jumlah total gerakan 8-16 jenis. Bebapa jenis gerakan yang  bisa dilakukan adalah squad jam atau push up.

"Bisa dilakukan sendiri, tapi pakai alat juga bisa, asalkan alat yang digunakan tidak berat," sarannya.

Ia menambahkan, bahwa metode ini memang khusus untuk mempertahankan daya tubuh, bukan sebagai body builder.

Selain itu, peregangan adalah hal yang tak boleh dilewatkan agar otor menjadi lebih fleksibel saat berolahraga. Peregangan yang baik adalah gerakan yang hampir sama dengan lari atau menggerakkan bagian tubuh yang terlibat dalam olahraga tersebut.


(DEV)