Tips Merawat Rambut Berwarna

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 25 Aug 2016 18:07 WIB
tips & trik
Tips Merawat Rambut Berwarna
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Studi berkala Garnier yang dilakukan pada periode 2008-2015 menunjukkan, 22 persen perempuan dan 19 persen laki-laki di Indonesia menggunakan pewarna rambut.

Penampakan uban adalah salah satu alasan mengapa 45 persen dari mereka mewarnai rambut.

Kebanyakan orang ragu untuk mewarnai rambut karena ada mitos yang mengatakan bahwa mewarnai rambut akan merusak rambut atau kulit kepala. Padahal, perawatan yang tepat menjadi salah satu kunci rambut tetap sehat, meskipun melakukan pewarnaan.

Ada beberapa tips perawatan rambut berwarna yang diberikan dermatologist dr. Gloria Novelita, SpKK dalam konferensi pers peluncuran Garnier Color Naturals 3 Oils, di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Pertama, sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu. Oleskan sedikit krim pewarna rambut pada bagian kulit yang tak terlihat, seperti kulit di bagian belakang telinga. Kemudian diamkan selama 24-48 jam. Jika timbul efek seperti rasa panas atau gatal pada kulit, sebaiknya jangan mewarnai rambut Anda dengan produk tersebut karena tidak cocok untuk kulit.

Kedua, pilihlah produk pewarna rambut yang tepat. Ini menjadi kunci warna rambut dapat bertahan lama.

"Sebaiknya pilih warna yang tidak terlalu jauh dari warna asli supaya terlihat natural," ujar dokter yang praktik di Beyoutiful Aesthetic Xlinic tersebut.

Ketiga, hindari penggunaan air hangat, serta gunakan sampo khusus rambut berwarna saat keramas. Suhu panas tak baik bagi cat rambut karena dapat memudarkan warna. Sementara, sampo khusus memiliki formula tersendiri untuk merawat rambut agar warna tetap bagus.

Rambut sebaiknya dihindarkan dari berbagai sumber panas, seperti hair dryer, alat catok, air hangat, hingga paparan sinar matahari secara langsung.

Kemudian, lakukan deep conditioning pada rambut secara teratur, seperti creambath atau hair mask. Waktu yang paling efektif untuk perawatan satu ini adalah 20-30 menit.

"Ada penelitian yang menguji ini. Saat 5 menit, rambut baru mendapatkan 20 persen dari manfaat perawatan ini, kemudian setelah 10 menit meningkat jadi 50 persen, setelah 20-30 menit menjadi 90 persen. Saat ditunggu satu jam, tidak bertambah juga (manfaatnya). Jadi waktu yang tepat adalah 20 menit untuk mendapatkan manfaat pada kepala secara keseluruhan," jelasnya.

Setelah melakukan perawatan, dr. Glo menyarankan untuk menutupi rambut dengan handuk basah selama beberapa menit, sebagai penutup.

Selain itu, penggunaan mintak alami juga membantu menjaga kesehatan rambut berwarna. Ada tiga jenis minyak yang baik untuk perawatan kepala, yaitu minyak kelapa, minyak almond, dan minyak zaitun.

Minyak kelapa berguna untuk melembabkan rambut dan mudah terserap ke dalam batang rambut karena sifatnya yang ringan. Minyak almond pun demikian, tambahan vitamin E di dalamnya membantu mengurangi ujung rambut yang pecah-pecah.


"Minyak zaitun sendiri mengandung banyak nutrisi seperi vitamin A, vitamin E, dan antioksidan. Namun karena kandungannya berat, jadi harus disisirkan ke rambut, tak bisa menyerap ke dalam secara otomatis," ucapnya.


(DEV)