Selain Pakai Tabir Surya, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Cegah Kanker Kulit

Torie Natalova    •    Kamis, 27 Jul 2017 10:50 WIB
kanker
Selain Pakai Tabir Surya, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Cegah Kanker Kulit
(Foto: Healthline)

Cara Mencegah Kanker Kulit yang Mematikan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker kulit atau melanoma bisa dihindari dengan melakukan berbagai pencegahan, seperti menggunakan tabir surya, memakai pakaian pelindung, dan menghindari sinar matahari.

Namun, masih ada 40-50 persen orang Amerika yang mengembangkan beberapa bentuk kanker kulit selama masa hidup mereka. Menurut profesor dermatologi Adam Friedman, menggunakan tabir surya dan pakaian pelindung adalah langkah terbaik untuk memberikan perlindungan tambahan, seperti dilansir Prevention.

1. Jauhi jendela

Jendela rumah dan mobil tidak melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Kaca depan mobil mebelokkan sinar UVA dan UVB, sedangkan jendela sampingnya hanya mengusir sinar UVB. UVA tidak akan membakar kulit Anda tapi bisa memicu kanker. Sedangkan jendela rumah juga hanya menghalangi sinar UVB.

Anda tidak perlu berdiam diri di ruang yang gelap, cukup jauhi cahaya langsung yang bersinar melalui jendela di tengah hari untuk melindungi kulit Anda.

2. Hindari alkohol

Alkohol dapat meningkatkan dampak UV pada kulit. Jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menyarankan Anda harus hati-hati minum alkohol selain di luar rumah. Studi menemukan minuman, khususnya anggur putih dapat meningkatan risiko melanoma sebesar 14 persen. Peneliti meyakini bahwa alkohol dapat mengganggu proses perbaikan DNA di kulit Anda.

3. Hati-hati dengan obat-obatan

Beberapa obat resep dapat membuat kulit Anda lebih peka terhadap sinar matahari, meningkatkan risiko kerusakan dan dalam beberapa kasus memicu kanker kulit. Beberapa obat yang harus diperhatikan termasuk antibiotik doxycycline dan obat antijamur vorikonazol.

4. Minum lebih banyak kopi

Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi kopi setiap hari dengan tingkat kanker kulit non-melanoma yang lebih rendah. Semakin banyak wanita minum kopi, semakin besar risiko kanker kulitnya menurun. Kafein dapat memblokir jenis sintesis DNA dan pembelahan sel yang mengarah pada pengembangan kanker kulit. Namun, hindari minum kopi dengan tambahan gula atau lainnya untuk menghindari penurunan mutu kopi.

5. Makan lebih banyak bawang putih

Bila sistem kekebalan tubuh melemah, Anda tidak dapat membunuh sel kanker atau tumor di tahap awal. Jika Anda cenderung sering sakit, itu pertanda sistem kekabalan Anda tidak dalam kondisi prima. Olahraga dan menjaga berat badan yang sehat serta perbanyak konsumsi bawang putih, yogurt dan teh hitam juga teh hijau dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.



 


(DEV)