5 Alasan Kenapa Sebaiknya Tak Makan Ikan Saat Musim Hujan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 14 Jun 2017 14:13 WIB
tips kesehatan
5 Alasan Kenapa Sebaiknya Tak Makan Ikan Saat Musim Hujan
(Foto: Today's Parent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, terutama karena kaya akan asam omega tiga. Namun, ahli gizi dari India Priya Kathpal justru menyarankan agar sebaiknya menghindari makan ikan saat musim hujan.

Ia menyarankan untuk menggantinya dengan sumber protein lain, karena:

1. Musim berkembang biak

Musim hujan adalah musim berkembang biak bagi ikan dan hewan laut lainnya. Ketika Anda mengonsumsi ikan dengan telur di dalamnya, risiko infeksi perut atau keracunan makanan semakin besar.

2. Busuk

Saat musim hujan, air mudah tercemar limbah. Hal tersebut dapat memperbesar risiko ikan membusuk semakin cepat.

3. Kualitas kesegaran jelek

Kebanyakam ikan yang dijual di supermarket akan dikemas dan didinginkan. Jika lebih dari 10 hari maka kualitas kesegarannya

4. Terkontaminasi limbah

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ikan yang sedang hamil dan berada dalam air kotor cenderung terkontaminasi. Air yang tercemar dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti tifus, sakit kuning, atau diare yang kumannya berasal dari ikan.

5. Bahan pengawet

Untuk meningkat ketahanan, banyak ikan disemprotkan dengan bahan pengawet seperti sulfat dan polifosfat untuk mengontrol bakteri dan jamur sehingga ikan terlihat segar. Efek samping dari bahan pengawet itu sendiri dapat menyebabkan penyakit jantung.


(DEV)