Ini Alasan Mengapa Wanita Tiga Kali Lipat Lebih Berisiko Terkena Infeksi Saluran Kemih

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 26 May 2017 19:12 WIB
kesehatan dan produktivitas
Ini Alasan Mengapa Wanita Tiga Kali Lipat Lebih Berisiko Terkena Infeksi Saluran Kemih
Bagi wanita, kebersihan bagian reproduksi yang tak baik dapat memicu risiko infeksi saluran kemih (ISK) hingga tiga kali lipat. (Foto: Aboutlifestyle)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebersihan yang tak terjaga dapat memicu terjadinya infeksi. Bagi wanita, kebersihan bagian reproduksi yang tak baik dapat memicu risiko infeksi saluran kemih (ISK) hingga tiga kali lipat.

"Kalau bagian vagina tidak dibersihkan dengan benar, maka bagian kemih yang terletak di depannya juga bisa terkena infeksi, inilah mengapa wanita tiga kali lebih berisiko terkena ISK," tukas Frida Soesanti selaku perwakilan dari Satgas Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jumat 26 Mei 2017.

(Baca juga: Agar Tetap Fit Saat Menstruasi)

Bahkan, ia menambahkan, bila tak segera ditangani dengan baik, infeksi bisa menjalar ke organ tubuh lain seperti ginjal.



Kebersihan organ reproduksi saat menstruasi termasuk hal yang krusial. Menurut dr. Frida, faktor pembalut turut berperan penting dimana berbagai macam pembalut kini tersedia seperti dengan karet, gel, atau hanya lapisan tisu biasa.

"Pilih yang paling nyaman saja dan jangan dibiarkan berjam-jam karena dapat menyebabkan iritasi pada daerah sekitar itu," sarannya.

Baiknya, penggantian pembalut dilakukan 4-6 kali perhari dengan jangka waktu maksimal enam jam untuk sekali pemakaian. Selain itu, ia menyarankan mengunakan jenis pembalut yang sekali pakai saja untuk supaya lebih gampang.

"Darah adalah tempat berkembang terbaik kuman. Saat menstruasi, bagian kewanitaan akan semakin lembap dan hal itu dapat mempercepat munculnya jamur hingga terjadi infeksi," katanya.








(TIN)