Percuma Jalani Pola Hidup Sehat Bila Tetap Merokok

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 18 Jul 2017 15:52 WIB
diet
Percuma Jalani Pola Hidup Sehat Bila Tetap Merokok
(Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit degeneratif paling banyak diderita masyarakat saat ini. Salah satu penyebabnya adalah faktor gaya hidup yang salah. Penyakit degeneratif terjadi karena ada penuaan sel kemudian menjadi rusak.

"Penyakit degeneratif muncul karena pola hidup yang salah dan kebanyakan karena obesitas atau kegemukan," ujar dokter gizi klinik dr. Samuel Oetoro, MS SpGK (K) dalam peluncuran Herbilogy, Selasa (18/7/2017).

Ia menerangkan, ada lima hal penyebab penyakit degeneratif yang berhubungan dengan pola hidup. Pertama, makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit dalam tubuh.

"Perhatikan makanan dengan cara melihat 4J; jumlah, jenis, jadwal, dan jurus. Jumlahnya harus sesuai kebutuhan. Sementara untuk jenis, harus lengkap mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta serat, vitamin, dan mineral," tambahnya.

Untuk jadwal, dr Samuel menyarankan agar tiga kali sehari dengan tidak melupakan sarapan karena makan pagi penting untuk menambah energi saat memulai aktivitas.

Dokter yang praktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi tersebut juga menyebutkan bahwa banyak bergerak dan istirahat cukup penting untuk mengurangi risiko penyakit degeneratif. Selain itu, manajemen stres juga perlu dilakukan agar risiko penyakit tersebut semakin berkurang.

Terakhir, salah satu pola hidup yang perlu dihindari adalah kebiasaan merokok.

"Jangan main-main untuk satu ini. Merokok adalah salah satu jenis polutan lingkungan. Kalau Anda melakukan empat kebiasaan baik yang saya sebutkan tapi masih merokok, maka itu percuma," tegasnya.

Menurutnya, mengubah kebiasaan pola hidup menjadi lebih baik tidaklah sulit dilakukan asalkan ada motivasi yang kuat.




(DEV)