Lari Satu Menit Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Tulang

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Jul 2017 11:29 WIB
kesehatan
Lari Satu Menit Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Tulang
(Foto: The Guardian)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa berlari sebentar dapat meningkatkan kesehatan tulang. Berlari adalah aktivitas fisik berintensitas tinggi dan tergolong latihan beban.

Penemuan tersebut menunjukkan, bahwa wanita yang rata-rata berlari selama 60-120 detik setiap hari memiliki kesehatan tulang yang lebih baik sebesar 4 persen dibandingkan mereka yang melakukannya dalam wakti kurang dari satu menit. Sementara, mereka yang berlari lebih dari dua menit memiliki kesehatan tulang enam persen lebih baik.

"Kami belum tahu apakah lebih baik mengakumulasi waktu yang singkat ini sekaligus dalam satu waktu, dan juga olahraga lebih lama satu atau dua hari dalam seminggu sama baiknya dengan lari satu sampai dua menit dalam sehari," ujar pemimpin studi Victoria Stiles dari University of Exeter.

Namun, penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology tersebut menemukan adanya hubungan yang jelas antara olahraga tersebut dengan kesehatan tulang pada wanita.

"Terlihat bahwa lari satu sampai dua menit perhari baik untuk kesehatan tulang," tambahnya.

Kesehatan tulang yang baik dapat mengurangi risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan retak tulang pada usia senja.

Studi tersebut melibatkan lebih dari 2.500 wanita dan membandingkan tingkat aktivitas (diukur dengan monitor pada pergelangan tangan) dan kesehatan tulang (diukur dengan scan ultrasound pada tulang tumit).

Stiles merekomendasikan untuk mulai meningkatkan aktivitas berjalan terlebih dahulu pada orang yang tertarik untuk meningkatkan tingkat aktivitas dari hari ke hari.

"Selanjutnya, kami menyarankan lari beberapa langkah seperti saat Anda mengejar bus," tambahnya.




(DEV)