Ini Penyebab Bumil Mengidam

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 Aug 2017 16:55 WIB
kesehatan
Ini Penyebab Bumil Mengidam
(Foto: Baby Center)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ngidam  adalah kata yang tak asing bagi mereka yang sedang dalam masa kehamilan. Namun benarkah orang yang tengah hamil memang mengalami hal tersebut?

"Hal ini sulit dijelaskan. Bisa dikatakan ini adalah masalah psikologis yang memberi pengaruh pada proses kehamilan," jelas Dr med dr Damar Prasmusinto, SpOG(K) selaku konsultan fetomaternal dari Departemen Obsteri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam temu media Kalbe Blackmores Nutrition (KBN), Kamis (10/8/2017).

Ia menjelaskan, masalah psikologis tersebut bisa terjadi akibat kurangnya salah satu nutrisi penting bagi bumil, yaitu zat besi. Akibatnya, bumil menjadi sulit untuk berpikir jernih.

"Kalau sudah seperti itu, jadi sulit berpikir jernih," tegasnya. Misalnya, bumil yang menginginkan sebuah makanan namun dalam beberapa waktu sudah tak kepengin lagi.

Menurut dr Damar, hal tersebut yang juga membedakan pria dan wanita dimana cadangan zat besi pada pria tergolong lebih banyak. Wanita produktif secara teratur mengeluarkan zat besi dalam tubuh melalui proses menstruasi yang terjadi sebulan sekali.

Selain itu, wanita yang mengalami anemia juga cenderung kekurangan zat besi dalam tubuh sehingga lebih sulit dalam berpikir secara nalar.

"Itulah mengapa semakin tua wanita (masa menopause), maka ia semakin bijak, karena tidak membuang zat besi lagi," tambah dia.

Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh adalah dengan memgontrol pola makan agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat dipenuhi secara maksimal.


(DEV)