5 Makanan yang Baik untuk Usus

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 24 Aug 2017 10:48 WIB
kesehatan pencernaan
5 Makanan yang Baik untuk Usus
Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti mackerel, sarden, dan salmon membantu perkembangbiakan bakteri baik dalam usus. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pola makan yang baik akan membantu menjaga kesehatan usus, yang merupakan organ penting dalam pencernaan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan usus yang pada akhirnya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan produktif.

1. Yogurt
Yoghurt adalah makanan probiotik yang mengandung banyak bakteri baik sehingga membantu menyembuhkan masalah usus seperti konstipasi, diare, kanker usus, peradangan usus, alergi, bahkan intoleran laktosa.



2. Minyak kelapa
Minyak yang tengah digandrungi karena memiliki banyak manfaat kesehatan ini juga baik unuk menjaga kesehatan usus, disamping bisa digunakan untuk campuran dalam masakan.

(Baca juga: Gangguan Pencernaan yang Kerap Muncul di Bulan Puasa)



3. Ikan
Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti mackerel, sarden, dan salmon membantu perkembangbiakan bakteri baik dalam usus. Selain itu, minyak ikan yang kaya akan vitamin D juga berkhasiat bagi penderita masalah usus seperti sindrom usus iritasi (IBS).



4. Teh Kombucha
Ini adalah jenis teh hitam yang memiliki jenis jamur khusus. Probiotik alami dari teh kombucha dapat membantu menjaga kesehatan perut.



5. Sayuran tertentu
Sayuran jenis tertentu yang memiliki kandungan Glukosinolat seperti kobis, brokoli, kembang kol, dan kale kaya anak bakteri baik untuk usus. Serat makanan dalam sayuran ini difermentasi oleh bakteri. Agar usus baik dalam tubuh bekerja dengan baik dan menghindari risiko kanker usus, konsumsilah jenis sayuran ini.










(TIN)