7 Langkah Meningkatkan Memori Otak

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 29 Nov 2016 13:50 WIB
kesehatan
7 Langkah Meningkatkan Memori Otak
(Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, kemampuan memori pun akan semakin menurun. Namun, bukan berarti kita tak bisa mempertahankan dan kemudian meningkatkannya kembali.  

Ada beberapa kegiatan atau makanan yang baik untuk dikonsumsi agar ingatan tidak menurun dengan cepat, seperti dilansir Boldsky berikut.

1. Tarik napas dalam

Bernapas dalam dapat mengalirkan oksigen ke dalam darah sehingga meningkatkan kinerja otak. Ini adalah cara termudah dan tercepat untuk melindungi sekaligus merangsang memori secara langsung.

2. Meditasi

Ini adalah salah satu cara melindungi memori yang efektif. Meditasi dapat meningkatkan kekuatan otak dan konsentrasi, menenangkan saraf serta membantu berpikir secara objektif.

3. Tidur berkualitas

Terlepas dari durasi tidur, kualitas tidur  juga memberi pengaruh yang signifikan. Tidur yang tak baik dapat memengaruhi otak. Oleh karena itu, miliki kualitas tidur yang baik agar memori terlindungi.

4. Hentikan multitasking

Melakukan beberapa kesibukan dalam satu waktu dapat membuat otak tertekan dan berujung kehilangan ingatan. Cobalah untuk berolahraga untuk mensitmulasi sel otak dan melindungi ingatan dalam jangka waktu lama.

5. Hindari stres

menurut para peneliti, stres berbahaya bagi otak dan dapat menyebabkan kehilangan memori. Oleh karen aitu, menghindari tekanan adalah cara yang tepat bila ingin tetap memiliki memori jangka panjang.

6. Konsumsi apel

Apel, sama seperti anggur merah, memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kekuatan memori. Kandungan bernama resveratol yang terdapat dalam anggur merah adalah faktor peningkat kekuatan memori.

7. Batasi kafein dan makanan tinggi karbohidrat

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dapat mengaburkan pikiran. Insulin yang masuk ke dalam aliran darah setelah mengkonsumsi karbohidrat yang mengandung gula dapat mengurangi kemampuan berpikir. Oleh karena itu batasi makanan yang mengandung tepung putih atau gula untuk dapat berpikir jernih dan lebih baik dalam mengingat.


(DEV)