Wah, Ada Olahraga yang Bikin Panjang Umur

Nia Deviyana    •    Rabu, 30 Nov 2016 17:55 WIB
studi kesehatan
Wah, Ada Olahraga yang Bikin Panjang Umur
(Foto: Leisure)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak diragukan lagi, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga suasana hati hingga meningkatkan kemampuan kognitif.

Namun, belum lama ini peneliti menemukan olahraga yang spesifik untuk meningkatkan angka harapan hidup.

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Medicine ini memaparkan, bahwa tidak semua jenis latihan fisik memberi manfaat panjang umur. Para peneliti yang berasal dari Eropa dan Australia ini menganalisis lebih dari 80 ribu orang di Inggris dan Skotlandia lewat kuesioner seputar aktivitas para partisipan pada periode 1994 hingga 2008.

Hasilnya, partisipan yang sering terlibat dalam olahraga tenis, berenang, dan aerobik memiliki risiko kematian yang rendah.

Lebih dalam dijabarkan, olahraga tenis berhasil menurunkan risiko kematian sebanyak 47 persen, perenang 28 persen, sementara aerobik memberi kontribusi sebanyak 27 persen.

Manfaat tersebut tentu tidak datang begitu saja. "Olahraga harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu lama," jelas Pekka Oja, penulis studi yang merupakan pensiunan Departemen Riset Ilmiah di UKK Institute, Finlandia.

Namun, apa pun olahraganya, pastikan Anda melakukannya tanpa rasa terpaksa agar hasil yang didapat optimal.


(DEV)