Cara Mudah Melawan Godaan Makan Junk Food

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Jul 2018 18:13 WIB
tips kesehatan
Cara Mudah Melawan Godaan Makan Junk Food
(Foto: Pinterest)

Jakarta: Butuh komitmen jika Anda ingin terus sehat. Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. 

Masalahnya, banyak orang tak mampu menahan godaan untuk sering-sering mengonsumsi makanan manis, berlemak, dan makanan olahan. 

Jika Anda mencoba untuk memulai kebiasaan makan yang lebih baik, studi baru dari Universitas Tübingen di Jerman menunjukkan bahwa manipulasi pikiran bisa membantu Anda untuk hidup lebih sehat. 

Caranya, sebenarnya cukup mudah. Anda hanya tinggal berpikir tentang makanan sehat sambil menyiapkan makanan Anda. Hal ini nyatanya mampu membuat seseorang makan dengan porsi yang lebih kecil. 

Dalam studi tersebut, peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yang mana kelompok pertama diberi instruksi untuk fokus pada manfaat kesehatan pada makanan yang mereka konsumsi, kelompok kedua diberi instruksi untuk fokus pada kenikmatan dari makanan, dan kelompok ketiga diberi instruksi untuk tetap kenyang. 

Hasilnya, para peserta dalam kelompok pertama memilih makanan dengan porsi yang lebih kecil dibandingkan dua kelompok lainnya. 

Dengan kata lain, jika Anda mencoba untuk makan lebih baik, ada baiknya untuk berpikir tentang tujuan kesehatan dan mulai menyiapkan makanan Anda sendiri. Karena dengan Anda menyiapkan makanan sendiri, Anda bisa mengatur porsi dan selalu ingat dengan tujuan Anda. 

"Kami menemukan bahwa mengubah pola pikir seseorang selama perencanaan pra-makan memiliki potensi untuk meningkatkan kontrol porsi seseorang ketika akan makan," ujar Stephanie Kullmann, peneliti utama studi seperti dilansir Today.





(DEV)