Manfaat Cabai Cayenne untuk Kesehatan

Raka Lestari    •    Jumat, 30 Mar 2018 10:32 WIB
kesehatan
Manfaat Cabai Cayenne untuk Kesehatan
Salah satu manfaat cabai cayenne lainnya adalah membantu mengatasi bau mulut. (Foto: NordWood Themes/unsplash.com)

Jakarta: Cabai cayenne atau cayenne pepper ini termasuk dalam salah satu jenis cabai terpedas di dunia. Cabai cayenne ini memiliki rasa pedas yang tak jauh beda dari cabai rawit. 

Dilansir dari Reader's Digest, ada beberapa manfaat yang baik dari cabai cayenne untuk kesehatan Anda.

1. Meringankan nyeri sendi dan otot
Salah satu manfaat dari cabai cayenne adalah membantu meringankan sakit sendi dan otot. Capsaicin, zat yang memberi rasa pedas pada cabai cayenne, adalah bahan aktif yang banyak membantu meringankan arthritis dan nyeri otot. 

Campurkan beberapa buah cabai cayenne dengan 2-3 sendok teh minyak zaitun lalu balurkan pada bagian sendi dan otot yang nyeri selama beberapa kali sehari bisa membantu meringankan nyeri sendi dan otot. 

(Baca juga: Cabai Bantu Kurangi Ketergantungan pada Makanan Asin)


(Salah satu manfaat dari cabai cayenne adalah membantu meringankan sakit sendi dan otot. Foto: Sven/Unsplash.com)

2. Meningkatkan pembakaran kalori 
Dalam sebuah penelitian yang dlakukan selama enam minggu terhadap 25 orang dewasa dengan berat badan normal, dua peneliti dari Purdue menemukan cabai cayenne dapat membantu meningkatkan suhu tubuh para sukarelawan dan jumlah kalori yang dibakar. Setengah sendok teh cabai cayenne yang dikonsumsi bersama makanan dapat membantu menekan nafsu makan dan membakar kalori.
 
3. Melegakan hidung tersumbat
Capsaicin adalah dekongestan yang kuat. Zat tersebut dapat merangsang pelepasan lendir dari saluran pernapasan dan membuka saluran udara Anda. Taburkan cabai cayenne bubuk pada makanan Anda dan jangan lupa untuk menyediakan tisu. 

4. Mengurangi tingkat gula darah
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa penderita diabetes yang makan makanan mengandung cabai cayenne dalam jumlah sedikit akan membutuhkan lebih sedikit tambahan insulin untuk mengurangi gula darah mereka, yang menunjukkan bahwa rempah-rempah dapat memiliki manfaat anti-diabetes.

5. Mengurangi bau mulut 
Salah satu manfaat cabai cayenne lainnya adalah membantu mengatasi bau mulut. Cabai cayenne membantu menghasilkan air liur di mulut kita yang sangat penting dalam mencegah bau mulut. Sehingga membuat mulut tetap lembap karena mulut yang kering bisa menyebabkan bau mulut.








(TIN)