Jamur, Superfood bagi Kulit

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 03 Aug 2018 12:48 WIB
kesehatan
Jamur, Superfood bagi Kulit
Berikut adalah manfaat jamur sebagai superfood bagi kulit. (Foto: Christine Siracusa/Unsplash.com)

Jakarta: Jamur adalah makanan yang yang mengandung serat, asam lemak tak jenuh, serta vitamin dan mineral yang baik bagi untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa jamur juga memiliki banyak khasiat bagi kulit?

Berikut adalah manfaat jamur sebagai superfood bagi kulit. 

1. Mengobati masalah kulit
Masalah kulit sebagian besar disebabkan oleh aktivitas radikal bebas yang berlebihan dan peradangan. Jamur mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-peradangan dan antioksidan. Makanan super tersebut mempercepat penyembuhan dan melawan peradangan. Ekstrak jamur sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat, eksim dan rosacea.

(Baca juga: Jamur Mampu Cegah Risiko Demensia dan Alzheimer)


(Jamur mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-peradangan dan antioksidan. Foto: Sandis Helvigs/Unsplash.com)

2. Melembapkan kulit
Jamur mengandung asam Hyaluronic yang dianggap sebagai pelembap internal tubuh karena mengencangkan kulit. Makanan ini juga mengandung polisakarida yang bermanfaat dalam menghidrasi kulit.

3. Memperlambat penuaan 
Asam kojic dalam jamur sering digunakan sebagai obat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Jamur meningkatkan pertahanan alami sehingga penampilan kulit awet muda dan lebih sehat. 

4. Mengobati jerawat
Kandungan vitamin D yang terdapat dalam jamur membantu mengobati jerawat 

5. Mencerahkan kulit secara alami
Asam kojic dalam jamur juga berperan sebagai pencerah kulit alami. Setelah kulit mati terkelupas, asam tersebut mencerahkan sel-sel kulit baru.





(TIN)