Lima Tanda Kanker Usus Besar pada Anak Muda

Torie Natalova    •    Kamis, 05 Jul 2018 11:15 WIB
kesehatankanker kolorektal
Lima Tanda Kanker Usus Besar pada Anak Muda
Tumor dapat menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan dan mengubah metabolisme Anda. (Foto: Nik Shuliahin/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak orang percaya bahwa kanker tidak menjadi ancaman serius bagi sebagian anak muda. Usia rata-rata diagnosis kanker di atas usia 50 tahun.

Tapi, sebuah studi terbaru dari American Cancer Society mengungkapkan kanker kolorektal (kanker usus besar dan kanker dubur) telah meningkat di kalangan orang berusia 20-30 tahunan. 

Di Amerika, sekitar 140 ribu orang diperkirakan akan didiagnosis dengan kanker kolorektal pada tahun ini. Kanker ini merupakan penyebab kematian akibat kanker ketiga di Amerika.

Faktor lingkungan, genetik dan gaya hidup bertanggungjawab atas meningkatnya kasus kanker kolorektal di usia muda. Kenaikan berat badan, pola diet tidak sehat, dan gaya hidup tidak aktif dapat meningkatkan risiko kanker ini.

Dilansir dari Prevention disebutkan bahwa diet kaya serat, membatasi daging merah dan asupan daging olahan, tidak merokok dan hindari alkohol, dapat membantu mencegah risiko kanker.

(Baca juga: Terkena Kanker Kolorektal, Umbu Tetap Positif)

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai tanda-tanda peringatan awal kanker kolorektal.


(Faktor lingkungan, genetik dan gaya hidup bertanggungjawab atas meningkatnya kasus kanker kolorektal di usia muda. Kenaikan berat badan, pola diet tidak sehat, dan gaya hidup tidak aktif dapat meningkatkan risiko kanker ini. Foto: Ethan Sykes/Unsplash.com)

1. Anemia
Ini berarti Anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Tumor kanker usus besar menguras pasokan sel darah merah Anda dan tumbuh dengan cepat melebihi suplai darah Anda, seringkali menciptakan bisul yang mengeluarkan darah secara berkala.

2. Pendarahan rektal
Pendarahan rektum dapat disebabkan oleh tindakan tinja yang keluar atau tanpa tinja. Namun, perdarahan rektum juga bisa disebabkan oleh wasir atau fisura anus.

3. Penurunan berat badan secara spontan
Tumor dapat menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan dan mengubah metabolisme Anda. Dokter menduga bahwa sumber daya metabolisme tubuh Anda sering dialihkan untuk melawan tumor.

4. Sembelit
Tumor sering menyebabkan penyumbatan yang akan membuat tinja sulit keluar. Bentuk tinja juga bisa berubah lebih kecil seperti pensil. Tapi, Anda juga mungkin akan mengalami diare. Periksa ke dokter jika Anda melihat perubahan ini lebih dari empat minggu.

5. Kram perut, nyeri, dan bergas
Jika Anda sering mengalami sakit perut, terutama ketika pergi ke kamar mandi, itu bisa jadi tanda kanker usus besar Anda mungkin juga memiliki lebih banyak gas. Gas akan meningkat secara signifikan yang berlangsung selama beberapa minggu atau berulang dari waktu ke waktu.




(TIN)