Studi: Memangkas Kalori Saja Tidak Menjamin Berat Badan Turun

Torie Natalova    •    Senin, 04 Jun 2018 06:59 WIB
kesehatandiet
Studi: Memangkas Kalori Saja Tidak Menjamin Berat Badan Turun
Temuan penelitian menjelaskan bahwa diet dengan menghitung kalori saja ternyata tidak akan menjamin penurunan berat badan. (Foto: Brooke Lark/Usplash.com)

Jakarta: Menghitung jumlah kalori telah lama menjadi metode yang digunakan untuk mengendalikan asupan makanan mereka demi mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, ahli gizi selalu mengingatkan kita bahwa hanya karena sesuatu kalori yang rendah, tidak berarti itu baik bagi Anda.

Dan, sebuah penelitian terbaru telah membuktikan hal ini dengan tepat. Temuan penelitian tersebut menemukan bahwa diet dengan menghitung kalori saja ternyata tidak akan menjamin penurunan berat badan, atau kesehatan yang lebih baik.

Studi yang diterbitkan dalam Obesity Review, melihat 22 ilmuwan Amerika dari tim universitas yang berbeda, bersama-sama untuk meneliti betapa pentingnya nilai gizi dari suatu makanan, bukan hanya nilai kalorinya.

(Baca juga: Diet Remaja Dapat Berujung pada Kebiasaan Buruk)


(Ahli gizi selalu mengingatkan kita bahwa hanya karena sesuatu kalori yang rendah, tidak berarti itu baik bagi Anda.Foto: Helena Sollie/Unsplash.com)

Temuan tersebut mengungkapkan bahwa kalori dari makanan apapun berpotensi meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kardio-metabolik karena semua kalori dapat secara langsung berkontribusi pada keseimbangan energi positif dan peningkatan lemak.

Jadi, jika Anda hanya memangkas kalori saja, Anda masih berkesempatan untuk menambah berat badan dan mengembangkan berbagai penyakit.

Namun, Anda tidak perlu menghindari nilai dari asupan kalori. Public Health England merilis panduan tentang berapa banyak kalori yang harus dimakan setiap kali makan yakni sebesar 400 kalori untuk sarapan, 600 kalori untuk makan siang dan 600 kalori lain untuk makan malam.

Peneliti mengatakan bahwa panduan tersebut adalah yang terbaik untuk diikuti, selama Anda juga mempertahankan diet seimbang.





(TIN)