Dampak yang Ditimbulkan Jika Anda Mencium Bayi Baru Lahir

Raka Lestari    •    Senin, 08 Oct 2018 12:39 WIB
perkembangan anak
Dampak yang Ditimbulkan Jika Anda Mencium Bayi Baru Lahir
Jika bayi Anda berumur kurang dari satu bulan, ciuman bisa sangat berbahaya karena sistem kekebalannya masih sangat rentan. (Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

Jakarta: Jika Anda baru saja memiliki bayi yang baru lahir, Anda mungkin memerhatikan bahwa orang-orang di sekitar Anda ingin berusaha memeluk, menggendong, atau bahkan menciumi si kecil.

Namun sebenarnya ciuman tersebut mungkin bukanlah sesuatu yang tidak memiliki masalah. Mencium bayi baru lahir bisa menjadi sangat berbahaya, sehingga Anda sebaiknya berpikir ulang untuk membiarkan bayi Anda dicium oleh teman atau keluarga Anda.

Beberapa bulan pertama dalam kehidupan bayi sangat berbahaya jika mereka dicium oleh sembarangan orang karena sistem kekebalan mereka belum sepenuhnya matang. Itulah mengapa terkadang orang tua tidak membiarkan siapa saja yang sedang flu atau batuk mendekati bayi mereka. 

(Baca juga: Pentingnya Memberikan Makanan Tambahan bagi Bayi Selain ASI)


(Beberapa bulan pertama dalam kehidupan bayi sangat berbahaya jika mereka dicium oleh sembarangan orang karena sistem kekebalan mereka belum sepenuhnya matang. Foto: Zach Lucero/Unsplash.com)

Namun, ternyata dampaknya bisa lebih dari sekedar hanya flu atau batuk, menurut Dr Karin Nielsen, seorang dokter anak yang berspesialisasi dalam penyakit menular, mengatakan bahwa HSV-1 atau virus herpes dapat sangat berbahaya bagi bayi yang baru lahir.

"Jadi, terkadang seseorang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gejala awal luka infeksi dan ketika mereka mencium bayi baru lahir maka mereka dapat menularkan virus herpes tersebut kepada bayi, dan karena bayi baru lahir memiliki sistem imun yang masih rentan sehingga mereka bisa mengembangkan penyakit herpes yang dapat menyebabkan masalah pada otak di sebagian bayi yaitu semacam ensefalitis atau peradangan di otak mereka," ujar Dr Whitney Casares, MD, MPH, FAAP, dokter anak dan penulis The Newborn Baby Blueprint, kepada Romper.

Jika bayi Anda berumur kurang dari satu bulan, ciuman bisa sangat berbahaya karena sistem kekebalannya masih sangat rentan. Casares mengatakan meskipun Anda tidak perlu terlalu khawatir, namun sebaiknya tetap berhati-hati terhadap lingkungan bayi sampai usia mereka sekitar enam hingga delapan minggu.




(TIN)