Pengaruh Hormon Estrogen Wanita dengan Sembelit

Torie Natalova    •    Minggu, 13 Jan 2019 17:32 WIB
kesehatan
Pengaruh Hormon Estrogen Wanita dengan Sembelit
Penelitian telah menunjukkan bahwa estrogen menyebabkan sembelit. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Masalah pencernaan sangat umum terjadi. Hampir setiap hari pasien menderita celiac, sensitivitas makanan, bahkan pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan usus, salah satu yang tidak disadari adalah faktor hormon.

Hormon dapat memengaruhi pergerakan usus secara negatif. Ini terutama untuk hormon tiroid dan stres, juga hormon estrogen. Inilah yang menjadi salah satu alasan wanita lebih sering mengalami sembelit dibandingkan dengan pria.

Sebenarnya wanita memiliki usus yang lebih besar daripada pria, yang mengakibatkannya cenderung mengalami sembelit. Tapi, faktor hormonal pada wanita juga berkaitan dengan konstipasi. Itulah mengapa wanita hamil dan yang telah menopause lebih sering alami sembelit karena perubahan hormon mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa estrogen menunda pengosongan lambung, memperpanjang waktu transit dan menyebabkan sembelit. Estrogen juga melemahkan dasar panggul, membuatnya lebih sulit untuk buang air besar.

Ketika Anda menduga masalah sembelit karena faktor perubahan hormon, ada baiknya melakukan tes bersama dokter. Selain meningkatkan air dan serat dalam makanan Anda serta belajar mengelola stres, ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menyeimbangkan estrogen demi kelancaran pencernaan. Berikut di antaranya:

1. Hindari Paparan Kimia
Plastik, BPA, sulfat, ftalat, dan lainnya dapat memengaruhi kadar estrogen. Pastikan produk perawatan Anda bebas dari bahan-bahan kimia tersebut.

2. Coba Probiotik
Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik harian membantu mengatasi sembelit. Probiotik juga membantu meningkatkan kadar estrogen dengan membantu menghilangkan semua gangguan estrogen atau tiroid. Kimchi, kombucha, sup miso, dan kefir juga yogurt, mengandung probiotik.

3. Biji Chia
Chia seeds atau biji chia ampuh mengatasi sembelit karena penuh serat larut. Anda bisa menambahkannya langsung ke dalam air atau menambahkannya ke puding yang pastinya akan disukai anak-anak.

4. Perbanyak Magnesium
Magnesium adalah suplemen yang membantu menyeimbangkan keinginan makanan manis Anda, menjaga dari kembung, membantu mengatasi migrain, meningkatkan kualitas tidur dan menjaga tetap bugar. Ini juga membantu menyeimbangkan kadar estrogen pada wanita.


(FIR)