Hal-hal yang akan Terjadi pada Tubuh Ketika Cuaca Dingin

Raka Lestari    •    Kamis, 25 Oct 2018 11:05 WIB
kesehatan
Hal-hal yang akan Terjadi pada Tubuh Ketika Cuaca Dingin
Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda ketika cuaca dingin. (Foto: Alexandre Croussette/Unsplash.com)

Jakarta: Penurunan suhu yang menyebabkan cuaca dingin dapat memengaruhi tubuh Anda dan mungkin bisa menggangu aktivitas sehari-hari Anda. Dan memang menurut ahli, cuaca dingin dapat berpengaruh pada tubuh Anda, meskipun ada beberapa yang dapat mengganggu tubuh Anda tetapi beberapa hal lainnya tidak begitu mengganggu kinerja tubuh Anda.

Robert Kenefick, Ph.D., seorang ahli fisiologi penelitian di US Army Research Institute of Environmental Medicine, mengatakan bahwa ketika suhu turun thermoreceptors di kulit Anda akan mengingatkan bagian otak yang disebut hypothalamus untuk menjaga suhu tubuh Anda, di antara fungsi-fungsi lainnya.  

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda ketika cuaca dingin.

1. Cuaca dingin dapat meningkatkan gairah seksual Anda
Dr Richard Honaker, dokter perawatan primer dari Your Doctors Online mengatakan bahwa cuaca dingin mungkin dapat meningkatkan gairah seksual Anda. Karena ketika cuaca dingin terdapat perubahan internal tertentu dalam tubuh saat musim berubah, seperti peningkatan jumlah sperma untuk pria, katanya.

Medical Daily juga mengatakan bahwa hal-hal seperti tingkat testosteron yang lebih tinggi, dan bahkan tingkat kesuburan yang lebih tinggi selama musim dingin, dapat mengarah pada peningkatan hasrat seksual.

(Baca juga: Alasan Mengapa Anda Bertambah Berat Badan Ketika Cuaca Dingin)


(Dan memang menurut ahli, cuaca dingin dapat berpengaruh pada tubuh Anda, meskipun ada beberapa yang dapat mengganggu tubuh Anda tetapi beberapa hal lainnya tidak begitu mengganggu kinerja tubuh Anda. Foto: Spencer Backman/Unsplash.com)

2. Mencium bebauan yang aneh
Menurut Dr Honaker, ketika udara menjadi dingin maka itu dapat membuat saluran hidung Anda menjadi kering sehingga hal ini dapat berpengaruh pada cara Anda merasakan sesuatu, dan tentu saja, indra penciuman Anda juga. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga rumah Anda tetap lembap.

3. Lebih sering buang air kecil
Menurut Dr Chirag Shah, seorang medical reviewer dari  PollMed dan dokter bersertifikat yang mengkhususkan diri dalam pengobatan darurat, mengatakan bahwa satu efek yang tidak biasa dari cuaca dingin pada tubuh adalah bahwa hal itu dapat meningkatkan kebutuhan Anda untuk buang air kecil.

"Disebut juga sebagai cold-induced diuresis, salah satu teori yang menyebutkan bahwa ini terjadi karena dingin menyebabkan tubuh untuk menyalurkan darah dari pinggiran ke inti untuk menjaga agar organ-organ vital tetap hangat," ujar Dr Shah. "Aliran darah yang meningkat dalam inti memberitahu reseptor khusus bahwa tekanan darah kita lebih tinggi dari normal, sehingga kita perlu membuang kelebihan cairan di dalam tubuh kita."

4. Membuat Anda rentan sakit
David Barbour, pendiri Vivio Life Sciences, mengatakan "Penurunan suhu secara langsung berkorelasi dengan penurunan kelembapan," katanya.

"Cuaca dingin dapat membuat kering bagian mata, hidung, mulut, perut, saluran pernapasan, perut, saluran kemih, dan banyak lagi." Semua itu akhirnya membuat tubuh Anda rentan terhadap patogen, kata Barbour, yang merupakan alasan utama mengapa virus cenderung lebih mudah masuk ke dalam tubuh ketika cuaca dingin tiba.




(TIN)