3 Jenis Olahraga yang Tak Membuat Kaki Pegal

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 03 Dec 2017 08:47 WIB
tips bugar
3 Jenis Olahraga yang Tak Membuat Kaki Pegal
Pilates termasuk salah satu olahraga yang tak membuat kaki jadi pegal (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tak sedikit orang yang mengeluh kaki pegal setelah berolahraga, seperti berlari. Ini adalah hal yang umum.

"Kaki, terutama telapak kaki adalah bagian tubuh yang memiliki ribuan ujung saraf bebas yang mengingatkan tubuh saat terjadi kompresi, peradangan, dan ketegangan pada bagian ligamen, fasia, tendon, otot, dan tulang kaki," tukas Cameron Yuen terapis senior di BeSpoke Treatments di New York City.

Bagi Anda yang tak ingin merasakan nyeri pada bagian tersebut usai berolahraga, pilihlah olahraga berikut ini.

1. Berenang

"Berenang tak melibatkan kaki secara khusus, melainkan tubuh secara keseluruhan. Anda menggunakan tangan, bagian tengah tubuh, punggung, dan kaki," ujar Luke Lombardo, atlet dan pelatih di  Lagree Fitness, Los Angeles.

2. Pilates

"Meskipun terdapat gerakan berdiri dalam olahraga ini, kaki Anda akan didukung dengan permukaan yang lembut pada mesin atau matras. Bahkan, pada kelas pemula, tak banyak gerakan yang melibatkan kaki," tukas Lombardo.

3. Olahraga otot

"Gunakan matras yoga untuk melakukan gerakan otot atau bagian inti yang tak berfokus pada kaki, misalnya mengangkat kaki ke atas, yang mana hal tersebut dapat membantu memperlancar sirkulasi dan meringankan peradangan," ujar Lombardo.

"Nyeri kaki dan pergelangan kaki umumnya berkaitan dengan kekuatan dan jaringan kaki, yang berhubungan dengan pinggang dan tubuh secara keseluruhan," terang Yuen.

Ia menambahkan, kesehatan pinggang yang buruk dapat berpengaruh pada lutut, pergelangan kaki, dan kaki secara keseluruhan. Oleah karena itu, perlu kestabilan pada bagian tubuh tersebut agar postur tubuh tetap terjaga.




(DEV)