5 Efek Negatif Diet Paleo

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Oct 2017 09:00 WIB
diet
5 Efek Negatif Diet Paleo
Mengonsumsi banyak lemak bisa melambatkan saluran pencernaan Anda. (Foto: Kaylie-Paleo Gluten Free Eats/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diet Paleo adalah diet tinggi protein, rendah karbo, dan tidak mengonsumsi produk-produk susu dan gula. "Diet ini terinspirasi dari cara makan leluhur kita," ujar Lisa Young, R.D. penulis buku "The Portion Teller Plan". 

Namun sebenarnya diet Paleo ini juga memilki kelebihan: Anda bisa mengurangi banyak asupan makanan olahan dan protein yang tinggi dapat membuat Anda merasa kenyang hanya dengan porsi kecil, sangat membantu dalam menurunkan berat badan. 

Tetapi menurut Young hal tersebut tidak bagus "Plus, dia menunjukkan orang-orang yang melakukan diet Paleo ini membatasi banyak protein nabati yang sehat termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan susu rendah lemak yang sudah terbukti mampu menurunkan berat badan."

(Baca juga: Peneliti Australia Pastikan Diet Paleo Justru Bisa Picu Kegemukan)

Efek yang bisa ditimbulkan dari diet Paleo ini diantaranya:

Kekurangan Energi 
"Saat Anda menjalani diet rendah karbohidrat, hal yang sering Anda alami yaitu sering merasa pusing. Hal ini terjadi karena Anda membutuhkan karbohidrat untuk energi." ujar Young. Kelelahan yang dihasilkan, kelesuan dan mudah tersinggung. Atau biasa juga disebut sebagai "flu rendah karbohidrat"

Kehilangan Nafsu Makan 
Ketika Anda sedang diet, kehilangan nafsu makan itu memang yang diharapkan bukan? "Terlalu rendah karbohidrat akhirnya bisa membuat tubuh dalam mode kelaparan," kata Young. Hal tersebut tentunya memiliki efek samping salah satunya bisa menurunkan fungsi tiroid. 

Bau Mulut 
Tidak adanya supan karbohidrat untuk energi, tubuh Anda akan berfokus untuk membakar lemak atau ketosis. Terdengar bagus, tapi kata Young "proses tersebut bisa menghasilkan senyawa yang dapat membuat nafas Anda menjadi bau. Yaitu aseton."

Kenaikan Kolestrol
Bila Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak hewani, Anda pasti akan mendapatkan asupan lemak jenuh dan itu akan berdampak pada kolestrol Anda. 

Diare 
Mengonsumsi banyak lemak bisa melambatkan saluran pencernaan Anda. "Mengonsumsi zat tepung dan karbohidrat dapat menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat," kata Young. 










(TIN)