Benarkah Sabun Antibakteri Mempan Bunuh Kuman?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 10 Oct 2017 12:01 WIB
kesehatan
Benarkah Sabun Antibakteri Mempan Bunuh Kuman?
Bila Anda lebih memilih menggunakan pembersih tangan, carilah cairan yang mengandung minimal 60 persen alkohol dan pelembap supaya tangan bersih dari kuman dan tetap sehat. (Foto: Courtesy of cdc.gov)

Metrotvnews.com, Jakarta: Munculnya sabun antibakteri seakan menunjukkan bahwa sabun jenis ini lebih efektif dibandingkan sabun biasa. Benarkah demikian?

Label 'antibakteri' pada sabun tersebut berarti sabun mengandung agen khusus yang dapat membunuh bakteri. Umumnya bahan yang digunakan adalah triklosan atau triklokarban. 

Sayangnya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan tersebut dapat mengganggu endokrin. Endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain.



Paparan triklosan yang berkepanjangan juga dapat meningkatkan berkembangnya alergi, seperti alergi kacang atau demam pada anak kecil. Food and Drug Administration (FDA) juga memperingatkan tentang potensi risiko pada bahan kimia dalam sabun tersebut. 

(Baca juga: Cegah Diare & Pneumonia dengan Mencuci Tangan)

Sabun antibakteri juga berpotensi membuat bakteri menjadi resisten pada antibiotik. American Medical Association (AMA) bahkan mengklaim bahwa penggunaan sabun dan penggosok antibakteri dapat membuat kuman semakin resisten. 

Daripada menggunakan sabun khusus tersebut, mencuci tangan dengan sabun biasa dan air mengalir sudah cukup efektif untuk menghilangkan kuman. 



Selain itu, Anda juga dapat menggunakan agen antibakteri alami seperti sari lemon yang dapat mengubah ph (keasaman) sel bakteri menjadi lebih asam sehingga merusak mikroba tersebut. Kandungan alami tersebut juga dapat mengeringkan kuman sehingga kuman tak berkembang. 

Bila Anda lebih memilih menggunakan pembersih tangan, carilah cairan yang mengandung minimal 60 persen alkohol dan pelembap supaya tangan bersih dari kuman dan tetap sehat. 











(TIN)