4 Minyak Esensial untuk Bantu Kurangi Rasa Cemas

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Oct 2017 10:48 WIB
kesehatan
4 Minyak Esensial untuk Bantu Kurangi Rasa Cemas
Sebuah studi dari Iran tahun 2014 menemukan bahwa minyak mawar dapat mengurangi rasa cemas pada wanita yang baru melahirkan. (Foto: Instagram/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika seseorang merasa cemas, pikiran dan fisik menunjukkan reaksi yang berbeda dari normal. Salah satu cara untuk mengurangi gangguan mental tersebut adalah mencium wewangian seperti minyak esensial. 

Beberapa gejala rasa cemas adalah degup jantung lebih cepat, tangan terasa dingin, mual, hingga perasaan tak tenang. 

Berikut adalah beberapa minyak esensial yang bisa membantu menurunkan gejala cemas sehingga pikiran dapat kembali tenang. 

(Baca juga: 3 Minyak Esensial yang Cocok untuk Kecantikan)



1. Minyak Lavender
Minyak satu ini berguna untuk menenangkan pikiran dan biasa digunakan oleh mereka yang mengalami masalah tidur. Minyak lavender merilekskan secara keseluruhan, terutama sistem saraf. Cara pengunaannya cukup dihirup atau diberikan secara oral untuk meredakan rasa cemas. 

2. Minyak akar wangi 
Aroma minyak akar wangi membantu menenangkan pikiran dan mencegah serangan tersebut kembali. 

3. Minyak Chamomile 
Teh Chamomile dikenal dapat meredakan stres dan rasa cemas. Demikian juga dengan minyak esensial dari bahan tersebut yang memiliki efek anti-depresi sehingga membuat pikiran tetap tenang. 

4. Minyak mawar
Sebuah studi dari Iran tahun 2014 menemukan bahwa minyak mawar dapat mengurangi rasa cemas pada wanita yang baru melahirkan. Minyak tersebut berkhasiat menenangkan pikiran dan mengurangi efek kecemasan yang berujung pada gangguan mental. 











(TIN)