7 Vitamin Tambahan yang Harus Dikonsumsi pada Usia 40 Tahun

Torie Natalova    •    Selasa, 31 Oct 2017 15:31 WIB
tips kesehatan
7 Vitamin Tambahan yang Harus Dikonsumsi pada Usia 40 Tahun
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, daya tahan tubuh juga ikut menurun. Begitu juga dengan kemampuan tubuh untuk memproduksi vitamin secara alami.

Itu sebabnya, cara terbaik untuk tetap sehat ketika usia mulai menginjak 40 tahun ialah dengan makan makanan sehat, dan mengonsumsi suplemen vitamin.

Inilah nutrisi penting yang harus diperhatikan ketika usia menginjak 40 tahun, dan begini cara terbaik untuk mendapatkannya.

1. Vitamin B12

Vitamin ini penting untuk fungsi darah dan otak normal. Sumber makanan yang kaya vitamin B12 antara lain daging, ayam, ikan, susu dan telur. Vitamin B12 kurang dapat diserap oleh tubuh yang biasanya dimulai ketika usia menginjak 50 tahun karena inilah saat tingkat asam lambung berkurang.

2. Kalsium

Sebuah penemuan baru justru mengatakan bahwa asupan kalsium tidak secara signifikan mengurangi risiko fraktur atau patah tulang pada pria dan wanita yang berusia di atas 50 tahun. Tulang Anda menyerap kalsium di awal kehidupan. Tubuh Anda tetap membutuhkan kalsium di usia 40 tahun ke atas namun tidak berlebihan karena dapat membahayakan kesehatan jantung.

3. Vitamin D

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, multiple sclerosis, dan kanker payudara. Vitamin D juga sangat penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Sumber makanan yang kaya vitamin D seperti ikan, susu, biji-bijian dan sereal. Namun, matahari tetap sumber vitamin D terbaik untuk tubuh.

4. Magnesium

Fungsi utama magnesium membantu mengatur tekanan darah yang sangat penting bagi wanita usia 40 tahun ke atas, terutama yang sudah berisiko terkena tekanan darah tinggi akibat penuaan. Kekurangan magnesium berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes dan pembengkakan. Magnesium banyak ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, kedelai, biji-bijian dan alpukat.

5. Kalium

Kalium berperan penting menjaga tekanan darah tetap terkendali. Namun, dokter tetap menyarankan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi suplemen kalium karena dapat merusak saluran pencernaan dan jantung. Pisang, ubi jalar, kacang-kacangan dan lentil, merupakan makanan yang mengandung kalium.

6. Omega-3

Asam lemak omega 3 memiliki berbagai manfaat seperti membantu melawan beberapa perubahan negatif yang menyertai penuaan seperti meningkatnya risiko penyakit jantung dan ingatan yang menurun. Omega-3 juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol buruk.

7. Probiotik

Probiotik juga penting untuk wanita usia 40 tahun ke atas. Probiotik menjaga berat badan tetap stabil dan menjaga kesehatan serta menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan stroke.




(DEV)