Cara Ini Bantu Anda Bangun Tidur Lebih Pagi

Raka Lestari    •    Selasa, 02 Jan 2018 19:35 WIB
tips & trik
Cara Ini Bantu Anda Bangun Tidur Lebih Pagi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bagi sebagian besar orang, bangun pagi menjadi sebuah rutinitas yang sulit. Memasang alarm menjadi cara terbaik agar tidak telat masuk kerja.

Selain itu, adakah cara lain agar bisa bangun pagi tanpa harus merasa tersiksa?

Para ahli mengatakan, akan lebih mudah tertidur jika Anda berada di ruangan dingin. Sebelum tidur dan saat mulai tertidur, suhu tubuh Anda akan turun secara alami. Para ahli mengatakan bahwa menurunkan suhu ruangan menjadi 15-21 derajat celcius membantu tubuh memberikan sinyal pada otak untuk tidur.

"Jika suhu inti kita terlalu tinggi, otak kita akan sulit melakukan perubahan dari terjaga menjadi tertidur atau menciptakan kualitas tidur yang baik," ujar Matthew Walker, PhD, profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California, Berkeley, kepada Wall Street Journal.

Saat Anda masih mengantuk pada pagi hari, temperatur inti Anda akan naik kembali untuk membantu Anda bangun. Namun, suhu dingin yang masih terpasang di kamar sering  menyebabkan Anda masih merasa ngantuk saat di pagi hari.

Oleh karena itu, ahli terapi fisiologi dan tidur, Nerina Ramlakhan, PhD memiliki solusi untuk hal tersebut. Menurut Nerina, Anda bisa mengatur suhu kamar agar menjadi lebih hangat. Sepuluh menit sebelum Anda bangun tidur, ubah suhu ruangan Anda menjadi lebih hangat agar Anda bisa lebih mudah untuk terbangun pagi harinya.




(DEV)