5 Cara untuk Menjauhkan Komedo

Raka Lestari    •    Sabtu, 30 Dec 2017 19:22 WIB
kecantikanjerawat
5 Cara untuk Menjauhkan Komedo
5 Cara untuk Menjauhkan Komedo (Foto: shutterstock)

Jakarta: Komedo, mendengar namanya saja mungkin Anda akan kesal. Apalagi jika harus mengalaminya dan harus berjuang dengan keras untuk menghilangkannya dari wajah Anda. Ada banyak produk di luar sana yang mengklaim bisa mengusir komedo, tapi metode mana yang benar-benar yang terbaik?

Berikut ini adalah 5 cara terbaik untuk menyingkirkan dan mencegah komedo menurut Huffington Post:

1. Melakukan regenerasi kulit dengan baking soda

"Melakukan pengelupasan kulit adalah satu-satunya cara untuk mengurangi komedo," ujar Dr. Alicia Zalka, dermatolog yang berbasis di Connecticut.

Anda bisa menggunakan pembersih, sikat dan spons untuk membersihkan scrub pori-pori dengan lembut. Campur baking soda dengan air untuk membuat pasta scrubbing yang lembut. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan cuka sari apel, bukan air, karena mengandung zat dan sifat anti bakteri dan juga membersihkan pori-pori.

2. Menggunakan masker wajah

"Kadang-kadang saya merekomendasikan masker wajah untuk digunakan pasien untuk pembersihan yang lebih dalam untuk beberapa keadaan agar bisa membantu membersihkan pori-pori, membuat mereka terlihat lebih halus," kata Zalka. "Seperti halnya mikrodermabrasi, perlu dilakukan secara teratur untuk hasil terbaik."

3. Cobalah gunakan pore strip

"Pore strip dapat segera memperbaiki beberapa jenis pori-pori yang ada, namun komedo akan kambuh kecuali jika tidak diikuti dengan perawatan lanjutan secara rutin sebagai tindakan pencegahan," catat Zalka.

4. Oleskan asam salisilat atau asam glikolat

"Cara terbaik untuk memecah minyak pada pori-pori tersumbat adalah dengan menggunakan asam beta-hidroksi (seperti salisilat) atau kombinasi yang mengandung asam salisilat," kata MacGregor, seorang dermatolog dari New York.

"Ini bersifat lipofilik (menarik lemak atau minyak) dan berkonsentrasi pada permukaan pori-pori untuk menghilangkan sumbatan. Penggunaan yang konsisten akan mencegah komedo sebelum terbentuk dan membantu membersihkan pori-pori yang ada," lanjutnya.

5. Lakukan mikrodermabrasi

"Metode pengelupasan kulit secara profesional ini dapat membantu banyak. Ahli kulit Anda juga bisa memberikan perawatan kulit dan ekstraksi komedo  yang dikenal untuk membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit," kata Zalka.


 


(ELG)