Ahli Menyarankan Diet Sehat

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 23 Nov 2017 17:47 WIB
diet
Ahli Menyarankan Diet Sehat
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Pola diet sangat beragam. Tak sedikit program diet yang berdampak buruk bagi kesehatan, karena tidak memerhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Calories In, Calories Out (CICO) salah satu pola diet yang sekarang cukup menyita perhatian. CICO tidak melarang Anda mengonsumsi makanan apa pun, tapi cukup mengurangi asupan kalori. Program ini banyak ditentang oleh ahli gizi, karena dinilai berpotensi menimbulkan osteoporosis, kanker, dan penyakit jantung.

Direktur Program dan Asisten Profesor Klinis Gizi di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas Lona Sandon menyarankan orang memilih program diet tanpa harus mengabaikan kesehatan tubuh.

Sandon mencontohkan, "Mengurangi kalori dengan memilih makanan alternatif, seperti makanan beku untuk mengurangi asupan makanan total," kata dia dikutip dari webmd.com.

Selain memilih makanan alternatif yang tepat, Sandon juga menyarankan agar pola diet juga dibarengi dengan olahraga teratur dan konsisten. Sandon juga menyarankan agar melakukan latihan kardiovaskular untuk pernafasan, seperti bersepeda dan berenang.

"Menurunkan berat badan, setidaknya harus latihan selama 300 atau 400 menit selama seminggu," ungkap dia.

Program diet sehat juga didukung dan disarankan Connie Diekman, ahli gizi dari Universitas Washington di St. Louis. Menurutnya, kombinasi antara makanan dan olahraga dapat memberikan berat badan yang ideal aman bagi kesehatan.

"Proses yang melibatkan belajar pilihan makanan sehat, porsi yang tepat dan kegiatan rutin," tutur Diekman.


(TRK)