Kebiasaan Makan Bisa Memengaruhi Kesehatan Rambut

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 20 Oct 2017 11:58 WIB
kesehatan
Kebiasaan Makan Bisa Memengaruhi Kesehatan Rambut
Ternyata kurang protein dapat membuat pertumbuhan rambut menurun. (Foto: Averie Woodard/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang berpikir bahwa keindahan rambut dipengaruhi oleh cara perawatan dan produk yang digunakan. Padahal, pola makan keseharian juga turut berperan. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat kilau rambut berkurang karena pola makan yang tak baik. 

(Baca juga: Ketahui Perbedaan Tonik dan Serum untuk Rambut)

1. Kurang protein
Bagi penganut pola makan vegetarian, mencari alternatif protein adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Kurang protein dapat membuat pertumbuhan rambut menurun, dimana ini adalah kabar buruk bagi Anda yang ingin memanjangkan mahkota wanita tersebut. 



2. Tak cukup seng dan besi
Umumnya, kandungan tersebut terdapat pada makanan seperti daging merah, brokoli, dan kacang-kacangan. Seng dan besi baik untuk memperkuat helai rambut dan kuku. Jika Anda tak bisa mengkonsumsi makanan tersebut, cobalah memenuhi kebutuhan seng dan besi melalui suplemen. 

3. Terlalu banyak gula
Asupan gula berlebih dapat memberi efek buruk pada kulit dan rambut. Oleh karena itu, agar rambut tetap kuat dan sehat, pengontrolan gula perlu diperhatikan. 

4. Kelebihan vitamin A
Vitamin A memang bagus untuk kesehatan tubuh, namun kelebihan kandungan tersebut dapat menyebabkan rambut rontok. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan multivitamin, pastikan kandungan vitamin A di dalamnya tak terlalu banyak. 











(TIN)