Hal-hal Unik dari Kentut Seseorang

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 03 Jan 2018 10:00 WIB
kesehatan
Hal-hal Unik dari Kentut Seseorang
Menahan kentut bisa menyebabkan stroke karena itu disarankan melepaskan gas dari tubuh dalam bentuk kentut. (Foto: Alexandra Gorn/Unsplash.com)

Jakarta: Menurut penelitian rata-rata manusia kentut selama lima sampai 10 kali dalam sehari. Namun untuk beberapa orang, jumlahnya mungkin meningkat karena setiap orang memiliki sistem pencernaan yang unik. Makanan seperti ubi jalar, kacang-kacangan, gandum, kedelai, produk susu, dan gandum dianggap dapat memicu produksi gas yang membuat kita kentut. 

Selain itu, sayuran hijau berdaun seperti kubis, kembang kol, lobak, yang mengandung pestisida dalam jumlah tinggi juga mendongkrak pembentukan gas dalam tubuh. Satu-satunya cara untuk menghentikan kentut adalah dengan mengonsumsi gula halus yang sekali lagi bukan pilihan sehat bagi tubuh.

Dan berikut beberapa manfaat dan hal unik dari kentut yang bisa Anda ketahui.

(Baca juga: Bukan Lapar, Ini Penyebab Perut Anda Berbunyi)


(Menahan kentut bisa menyebabkan stroke karena itu disarankan melepaskan gas dari tubuh dalam bentuk kentut. Foto: Jennifer Schmidt/Unsplash.com)

1. Mengurangi kembung
Menahan kentut bisa menyebabkan stroke karena itu disarankan melepaskan gas dari tubuh dalam bentuk kentut. Ini akan memudahkan tubuh Anda dan mengarah pada berfungsinya sistem pencernaan dan membantu mengurangi kembung di perut.

2. Bantuan dalam seimbang diet
Terlihat bahwa orang yang makan berlebihan non-sayuran seperti daging merah sering memiliki kentut busuk. Tapi orang-orang yang memiliki banyak karbohidrat dalam makanan mereka memiliki kentut yang netral dan tidak berbau. Ini akan menentukan kekurangan nutrisi dalam makanan Anda yang bisa Anda imbangi.

3. Menurunkan nyeri perut
Distensi usus adalah hasil menahan kentut untuk waktu yang lama. Ini menyebabkan sakit perut dan ketidaknyamanan dalam tubuh.

4. Mencium kentut 
Ini adalah praktik sehat untuk mencium kentut Anda. Hal ini disebabkan kandungan hidrogen sulfida pada kentut yang terjadi di usus kita. Hidrogen sulfida ini dapat menyebabkan pencegahan kerusakan mitokondria pada sel kita, mengurangi risiko yang berkaitan dengan stroke, arthritis, dan penyakit jantung.

5. Mendeteksi alergi 
Mungkin terdengar mengejutkan tapi kentut bisa menentukan adanya alergi makanan di tubuh kita. Alergi seperti penyakit celiac dan intoleransi laktosa meningkatkan frekuensi kembung pada manusia. 










(TIN)