Cokelat Bantu Meningkatkan Konsentrasi Otak

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 01 Nov 2017 14:34 WIB
tips kesehatan
Cokelat Bantu Meningkatkan Konsentrasi Otak
(Foto: Davidwolfe)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak hanya saat bekerja, konsentrasi dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak, antara lain dengan cukup tidur, latihan otak, dan mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu merangsang kinerja otak.

Dikutip dari Web MD, berikut asupan yang bisa meningkatkan konsentrasi.

1. Kafein

Kafein membuat Anda menjadi lebih waspada sehingga lebih konsentrasi. Kandungan kafein bisa ditemukan pada kopi, cokelat, minuman berenergi, dan beberapa obat.

Namun, efek kafein untuk meningkatkan konsentrasi bersifat jangka pendek. Kelemahan lainnya yaitu bisa membuat gelisah dan tidak nyaman. Kopi juga kurang baik dikonsumsi mereka yang memiliki gangguan pencernaan atau asam lambung tinggi.

2. Ikan

Sumber protein yang sangat baik untuk otak adalah ikan. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci kesehatan otak.

Ikan juga baik untuk mempertahankan ingatan, terutama saat kita bertambah tua. Itu sebabnya, mengonsumsi ikan secara rutin juga dapat menurunkan risiko demensia dan stroke.

Untuk kesehatan otak dan jantung, disarankan mengonsumsi dua porsi ikan per minggu.

3. Alpukat dan Biji-bijian

Alpukat dan biji-bijian bermanfaat dalam memperlancar aliran darah di seluruh tubuh. Khusus untuk otak, alpukat dan biji-bijian mampu mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah yang pada akhirnya meningkatkan kinerja sel otak.

4. Blueberry

Sebuah penelitian menunjukan, buah Blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, Blueberry juga dapat mengurangi resiko penurunan kinerja otak karena bertambahnya usia, diantaranya alzheimer atau demensia.

5. Cokelat dan kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan dan vitamin E yang diklaim baik untuk mencegah penuaan otak.

Hal serupa juga terdapat pada cokelat hitam yang  memiliki sifat antioksidan kuat. Cokelat juga mengandung stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan fokus.




(DEV)