Bagaimana Perdebatan yang Sehat dalam Hubungan?

Raka Lestari    •    Jumat, 22 Dec 2017 06:00 WIB
pernikahan
Bagaimana Perdebatan yang Sehat dalam Hubungan?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Setiap pasangan pasti pernah berdebat dan merupakan sesuatu yang normal. "Tetapi bagaimana cara berdebat, yang membedakan antara pasangan yang sehat dan pasangan yang tidak sehat," ujar Rachel Sussman, terapis hubungan di New York.

Dalam setiap perdebatan, kata dia, hal utama yang harus diperhatikan adalah Anda harus berkomunikasi lebih banyak.

"Bila Anda merasa frustrasi atau terganggu dengan pasangan, cobalah untuk menahannya terlebih dulu. Tangani kekhawatiran Anda," kata Sussman.

"Ceritakan kepada pasangan Anda apa yang membuat Anda terganggu dan mengapa, kemudian fokuslah untuk mencari solusinya, bukan hanya melampiaskan perasaan emosional. Lalu dengarkan dan terima respons dari pasangan Anda. Itu merupakan salah satu hal yang penting."

Berikut contoh perdebatan sehat dalam hubungan.

1. Anda memiliki prioritas keuangan yang berbeda

Anda ingin memperbarui sofa, sedangkan pasangan Anda menyarankan untuk menabungnya saja. Atau mungkin Anda ingin memesan kamar hotel yang sederhana sedangkan pasangan Anda ingin kamar hotel yang lebih mewah.

"Memiliki gagasan yang berbeda tentang apa yang harus dilakukan dalam keuangan sangatlah normal, namun sangat penting untuk memahami perasaan pasangan sehingga tidak timbul kebencian," ujar Rebecca Hendrix, terapis dari New York.

2. Kebiasaan yang berbeda

Kita semua memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan sesuatu, mulai dari memakai pasta gigi, merapikan tempat tidur, hingga memisahkan sampah daur ulang tentunya dapat memicu perdebatan-perdebatan.

"Tidak ada pasangan yang bisa melewati perbedaan-perbedaan kebiasaan tersebut," ujar Hendrix. Pada akhirnya, Anda harus memilih apakah mau berdebat atau tidak.

3. Memiliki jadwal sosial yang berbeda

"Kebanyakan pasangan memiliki beberapa perbedaan dalam berapa banyak waktu yang mereka habiskan sendirian dibandingkan bersama teman-teman," kata Hendrix.

4. Memiliki persepsi yang berbeda mengenai kerapihan

Wanita biasanya identik dengan kerapihan dan kebersihan. Jika pasangan Anda memiliki definisi mengenai rapih dan bersih yang berbeda dengan Anda tentunya akan menyebabkan perdebatan yang sering terjadi. "Tidak ada yang lebih baik atau buruk, hanya berbeda." ujar Hendrix.


 


(DEV)