4 Tips Menyimpan Alpukat agar Tidak Cepat Busuk

Raka Lestari    •    Rabu, 21 Mar 2018 14:51 WIB
tips & trik
4 Tips Menyimpan Alpukat agar Tidak Cepat Busuk
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Alpukat merupakan salah satu buah yang disukai orang-orang yang sedang diet. Tak hanya enak, buah ini merupakan alternatif untuk mencukupi kebutuhan lemak yang sehat.

Sayangnya, alpukat mudah sekali matang dan cepat busuk. Cara penyimpanan yang benar bisa menjadi cara agar alpukat Anda tahan lebih lama.

1. Lapisi dengan plastic wrap

Dilansir dari Foxnews, jika Anda membelah aplukat menjadi dua bagian, bungkus alpukat dengan plastik secara hati-hati dan lembut sampai menempel pada daging alpukat dengan sempurna. Ketika akan membukanya, usahakan buka dengan perlahan agar tidak merusak daging alpukat.

2. Beri perasan jeruk

Buah jeruk secara alami mengandung antioksidan yang kuat, yang bekerja melawan oksigen untuk memperlambat kerusakan pada makanan tertentu. Cukup oleskan dengan sedikit air jeruk nipis atau jeruk nipis di seluruh daging alpukat yang telah diiris, simpan dalam wadah kedap udara, dan itu bisa menunda proses pencoklatan selama sekitar sehari.

3. Lapisi dengan minyak

Minyak juga dapat membantu mencegah daging buah alpukat menjadi cokelat dengan cepat. Oleskan area yang sudah terpotong dengan minyak zaitun atau nabati, lalu tutup dalam wadah kedap udara. Cara ini dapat membuat alpukat tetap terlihat segar dan terhindar dari kecoklatan selama sekitar satu atau dua hari.

4. Simpan bersama bawang merah

Bawang mengandung senyawa belerang yang, bila dilepaskan, memperlambat oksidasi yang menyebabkan kecoklatan. Cincang kasar bawang merah, lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara, dan biarkan alpukat yang sudah dipotong menjadi dua bagian berada di atasnya.

Lihat video:




(DEV)