Studi: 5 Keharuman yang Bisa Membuat Anda Bahagia

Yatin Suleha    •    Senin, 02 Oct 2017 13:26 WIB
kesehatan
Studi: 5 Keharuman yang Bisa Membuat Anda Bahagia
Dalam studi yang dilakukan oleh Kyoto University diketahui bahwa berjalan-jalan di hutan Shinrin-yoku (Forest Bathing) di Jepang bisa menurunkan stres dan kegelisahan. (Foto: Wake Up World/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cara Anda mendapatkan kebahagiaan bermacam-macam. Bisa dengan makan makanan kesukaan Anda, cokelat dengan taburan kacang mede, spa, ke salon, atau sekedar mendengarkan lagu-lagu cinta sejak Anda beranjak dari muka rumah hingga sampai ke kantor.

Namun, ternyata sekarang Anda bisa mendapatkan kebahagiaan dengan cara yang juga tak kalah mudah, yaitu dengan mencium keharuman beberapa macam barang yang berbeda-beda seperti berikut ini.



1. Bedak bayi
Berapa banyak dari Anda menyukai keharuman bedak bayi? Ternyata mencium bau bedak bayi menurut para ahli bisa meningkatkan memori Anda tentang nostalgia.

Para ahli juga menambahkan bahwa mencium keharuman bedak bayi ini bisa meningkatkan ingatan Anda akan rasa aman yang dirasakan ketika Anda dijaga oleh keluarga Anda saat masih kecil. Bagi para orangtua, mencium bedak bayi ini bisa membangunkan memori kebahagiaan yang dirasakan ketika mereka masih kecil.



2. Pinus

Penelitian telah membuktikan bahwa aroma pinus mampu memberikan kesan kemeriahan. Pinus sering diasosikan dengan suasana liburan dan Natal, dan keharuman ini bisa membantu mengurangi rasa stres Anda. 

Dalam studi yang dilakukan oleh Kyoto University diketahui bahwa berjalan-jalan di hutan Shinrin-yoku (Forest  Bathing) di Jepang bisa menurunkan stres dan kegelisahan.

Hal ini ditemui dalam banyak studi yang telah dilakukan di tempat ini. Para partisipan diperiksa setelah berjalan-jalan di lokasi hutan yang penuh pepohonan ini, kemudian rasa gelisah dan stres mereka secara signifikan berkurang.

(Baca juga: Keharuman Bayi yang Khas)



3. Jeruk
Keharuman jeruk, sitrus, atau buah yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan energi Anda. Dalam studi yang dilakukan oleh ara ahli, ditemukan fakta bahwa mencium bau vitamin C ini bisa membuat rileks, dan meningkatkan impresi rasa positif. 

Hal ini telah lama diketahui oleh para pembuat sabun dengan menciptakan sabun dengan keharuman jeruk atau citrus untuk meninggalkan rasa nyaman dan menyenangkan setelah menghirup dari rasa tersebut.



4.  Rumput basah
Pasti Anda tahu ketika hujan datang membasahi tanah dan rumput, keharumannya khasnya tercipta. Para peneliti dari Australia telah menemukan bahan kimia yang dilepaskan dari keharuman rerumputan, apalagi ketika rumput dipotong. Keharuman ini menurut para ahli tersebut bisa membuat Anda merasa lebih santai dan bahagia. Bahkan keharuman ini juga dibotolkan menjadi parfum. 



5. Lavender
Keharuman bunga mawar memang disukai oleh banyak orang. Namun, dalam penelitian ketika keharuman tersebut diganti dengan lavender atau melati dapat membantu membuat efek ketenangan. Bahkan pada mereka yang insomnia dan depresi, keharuman melati bisa meningkatkan mood yang baik.











(TIN)