Tips Membersihkan Buah dan Sayur Sebelum Dimakan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 13 Oct 2017 19:02 WIB
kesehatan
Tips Membersihkan Buah dan Sayur Sebelum Dimakan
Membersihkan makanan sebelum dimasak atau dimakan adalah salah satu langkah penting untuk menjaga kebersihan makanan. (Foto: Financialtribune.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Membersihkan makanan sebelum dimasak atau dimakan adalah salah satu langkah penting untuk menjaga kebersihan makanan.

Buah dan sayur, makanan yang mengandung banyak nutrisi, umumnya mengandung banyak pestisida dan kotoran. Bahkan, beberapa buah dilapisi dengan lilin agat terlihat mengkilat dan menarik perhatian pembeli.

Berikut adalah beberapa tips membersihkan sayuran dan buah agar kotoran pada dua makanan tersebut tak ikut termakan. 



1. Gunakan air bersih
Pastikan air yang Anda gunakan bebas dari tanah atau kotoran lain. Jika tak yakin, gunakan air minum untuk membersihkan buah atau sayur.

2. Gunakan penggosok
Sayuran yang sifatnya tumbuh di dalam tanah seperti kentang atau wortel, umumnya masih ada tanah yang menempel pada bagian luar. Gunakan penggosok khusus untuk menghilangkan kotoran tersebut.

(Baca juga: Seberapa Banyak Harus Makan Buah dan Sayur?)

3. Rendam dalam air
Ini adalah metode untuk sayuran berdaun seperti bayam atau rempah-rempah. Akar yang masih tersambung pada buah dan sayur biasanya lengket dengan lumpur.

Setelah dipotong, bersihkan buah dan sayur dengan air mengalir. Kemudian, rendam dalam semangkuk besar air dan gosok dengan tangan saat direndam. Ganti air hingga tak ada kotoran yang muncul.



4. Potong menjadi lebih kecil
Banyak orang berpikir, nutrisi dari buah yang dipotong akan ikut menghilang bila dibersihkan. Padahal, beberapa sayuran justru terlihat bagian dalam yang busuk atau terdapat cacing ketika dipotong.

Oleh karena itu, memotong dengan ukuran lebih kecil dan kemudian membersihkannya dengan direndam adalah cara yang ampuh. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam dan kunyit ke dalam rendamaan untuk membunuh kuman. 










(TIN)