Pentingnya Menggunakan Tabir Surya pada Musim Hujan

Nia Deviyana    •    Minggu, 12 Nov 2017 15:56 WIB
kesehatan kulit
Pentingnya Menggunakan Tabir Surya pada Musim Hujan
(Foto: Beautyhealthtips)

Jakarta: Menggunakan tabir surya pada musim hujan sama pentingnya seperti pada musim panas. Banyak orang menjadi lebih malas pada musim hujan, termasuk menjadi tidak peduli dengan rutinitas merawat kulit.

Jika berlangsung lama, penuaan kulit tak bisa dihindari. Berikut penjelasan dari Dr Soma Sarkar, dermatolog dan ahli kulit Skin Inn Clinic, Mumbai, seputar alasan kenapa kita tetap harus menggunakan tabir surya pada musim hujan.

1. Dr Sarkar mengatakan bahwa tidak peduli betapa tebal awan pada musim hujan, Sinar UV masih bisa menembus awan dan sama berbahayanya seperti musim panas. Itu sebabnya Anda harus tetap menggunakan tabir surya, minimal dengan SPF 25.

Gunakan tabir surya pada pagi hari. Gunakan krim berbasis ceramide  untuk kulit kering, dan gunakan krim berbasis HA  untuk kulit berminyak. Mencuci muka dengan pembersih berbasis gliserin  dan asam laktat merupakan pilihan tepat selama musim hujan.

2. Jika musim hujan berlangsung cukup lama, maka kekeringan kulit akan menjadi efek buruk jika Anda tak merawat kulit. Apalagi jika Anda bekerja di ruangan ber-AC.

Udara dingin akan menyerap kelembaban alami kulit selama musim hujan, membuat kulit menjadi lebih sensitif, gatal, dan keriput. Selain kulit tubuh, jangan lupa merawat kulit di area bibir dan kaki. (The Health Site)




(DEV)