Tips Menutupi Jerawat dengan Make Up

Yatin Suleha    •    Selasa, 21 Nov 2017 13:14 WIB
Tips Menutupi Jerawat dengan Make Up
Penting bagi Anda dalam menutupi jerawat yang bengkak dengan warna concealer yang senada dengan warna kulit Anda. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Tak peduli serajin apapun Anda membersihkan wajah, tetap saja ada jerawat membandel yang bisa muncul. Jerawat bandel bagai tak gentar dengan aneka treatment yang Anda lakukan? Jangan khawatir karena dalam keadaan darurat Anda bisa menutupinya.

Cara di bawah ini bisa Anda andalkan jika jerawat besar tiba-tiba muncul dan Anda sedang ingin bertemu dengan kekasih atau akan mengadakan kegiatan photo shoot.

Make up artist Anni Bruno dari NYC Faces memberikan saran seperti di bawah ini:

1. Jangan memencet jerawat
Segawat apapun kondisinya, hindari dari tangan yang ingin memencet jerawat karena selain bisa merusak kulit (membekas) bisa juga terjadi inflamasi dan infeksi. Ini bisa memerparah jerawat Anda.

"Terutama hindari memencet jerawat di area 'segitiga berbahaya' yang terletak di bagian tengah wajah Anda, dari mulai sudut mulut Anda hingga ke hidung," ujar Anni.

2. Make up bantu kurangi area kemerahan
Jika jerawat Anda muncul besar dengan bengkak di sekelilingnya Anni mengatakan bahwa Anda bisa mengurangi area kemerahan di sekeliling jerawat besar saja, bukan tengah jerawat. "Tutup daerah kemerahan di seputar jerawat yang bengkak hingga rata dan nampak tak sedang meradang."

3. Tutupi dengan concealer
Anni mengatakan bahwa pilihlah concealer yang anti-air. "Aku suka menggunakan MAC Pro Longwear, Kat Von D’s Lock-It Concealer, dan Makeup Forever’s Full Cover Concealer,” ujar Anni.


(Jika Anda sudah memberikan concealer, Anda bisa menutupi jerawat dengan bedak silica-based translucent powder (bedak yang ringan saja), dan bukan bedak talc. Foto: Jake Peterson/Unsplash.com)

(Baca juga: 5 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Jerawat)

4. Warna concealer senada 
Penting bagi Anda dalam menutupi jerawat yang bengkak dengan warna concealer yang senada dengan warna kulit Anda.

"Terkadang kita suka menggunakan concealer yang warnanya lebih muda dari warna kulit kita di bawah mata, dengan tujuan agar area yang dtutupi lebih berwarna muda. Pada kasus jerawat, hal ini malah bisa semakin membuat jerawat nampak lebih menyembul lagi," ucap Anni.

"Jika memungkinkan juuga Anda bisa membeli concealer yang bebas minyak dan bedak dengan bahan asam salisilat."

5. Gunakan bedak yang ringan
Jika Anda sudah memberikan concealer, Anda bisa menutupinya dengan bedak silica-based translucent powder (bedak yang ringan saja), dan bukan bedak talc.

"Bedak ini akan menempel sempurna dan tidak membuat berat kulit wajah Anda. Namun, jika jerawat besar tiba-tiba muncul kembali, lakukan langkah-langkah seperti di atas lagi," ucap Anni.








(TIN)