3 Kebiasaan Buruk Setelah Maraton atau Jogging

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 17 Nov 2017 12:51 WIB
3 Kebiasaan Buruk Setelah Maraton atau Jogging
Ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah berlari. (Foto: Filip Mroz/Unsplash.com)

Jakarta: Maraton atau jogging menjadi salah satu pilihan sebagian orang saat berolahraga. Selain bagus untuk kesehatan, mudah, dan tidak memerlukan fasilitas yang banyak menjadi alasan kebanyakan orang memilih olahraga ini.

Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah berlari. Dikutip dari Times of India, berikut kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah berlari, yaitu:


(Ada baiknya setelah berlari Anda tidak langsung duduk. Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

1. Langsung duduk
Kebanyakan orang memilih langsung duduk setelah berlari untuk menghilangkan penat. Hal itu merupakan kebiasaan yang salah.

Ada baiknya setelah berlari Anda tidak langsung duduk. Tapi melakukan berbagai aktivitas santai, seperti jalan santai untuk sejenak. Cara ini diyakini lebih bagus untuk memulihkan stamina dan badan setelah berlari.

(Baca juga: Jogging Mempertajam Pikiran dan Daya Ingat)


(Hindari menggunakan pakaian basah setelah berolahraga. Foto: Mubariz Mehdizadeh/Unsplash.com)

2. Tetap menggunakan pakaian olahraga
Setiap berolahraga tentu mengeluarkan keringat. Namun, ada sebagian orang yang tidak langsung mengganti baju yang sudah basah oleh keringat.

Kebiasaan itu tentu sangat buruk, karena mengandung bakteri yang dapat memberikan masalah kulit. Selain itu, tubuh juga bisa kedinginan jika tetap menggunakan pakaian basah tersebut.


(Sebaiknya tidak langsung bekerja keras setelah berolahraga. Foto: Christopher Burns/Unsplash.com)

3. Kerja keras setalah lari
Setelah olahraga sebaiknya Anda tidak melakukan pekerjaan berat. Sebab, otot masih dalam masa pemulihan setelah lari atau berolahraga. Alangkah baiknya melakukan aktivitas santai, seperti jalan santai atau membantu pekerjaan rumah tangga. 









(TIN)