Durasi Olahraga yang Tepat Bagi Pekerja Kantor

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 18 Nov 2017 15:30 WIB
olahraga
Durasi Olahraga yang Tepat Bagi Pekerja Kantor
Durasi Olahraga yang Tepat Bagi Pekerja Kantor (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para peneliti menemukan waktu ideal berolahraga bagi para pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu di belakang kursi.

Studi tersebut melihat data pada 16 studi sebelumnya yang melibatkan partisipan berusia di atas 45 tahun di Amerika Serika, Australia, dan Eropa Barat.

Mereka menemukan bahwa berdasarkan penelitian lanjut sebanyak dua kali selama 18 tahun, mereka yang duduk selama delapan jam per hari dan jarang berolahraga memiliki peluang kematian 9,9 persen.

Sementara, mereka yang duduk kurang dari empat jam per hari disertai dengan olahraga satu jam memiliki risiko kematian sebesar 6,8 jam.

Studi tersebut merekomendasikan mereka yang duduk sekitar delapan jam sehari sebaiknya berolahraga satu jam, sementara mereka yang duduk sekitar 6 jam kurang disarankan untuk bergerak aktif selama setengah jam.

"Anda tak harus berolahraga atau pergi ke gym, cukup berjalan-jalan di pagi, selama jam makan siang, atau setelah makan malam. Kegiatan tersebut bisa dilakukan beberapa kali, asalkan berdurasi satu jam," saran pemimpin studi  Ulf Ekelund kepada The Guardian.


 


(ELG)