Tips Menaikkan Berat Badan si Batita

Yatin Suleha    •    Jumat, 18 Nov 2016 08:00 WIB
kesehatan anak
Tips Menaikkan Berat Badan si Batita
Jika si batita sulit naik berat badan jangan dulu menyatakan bahwa ia tidak sehat. Fokuskan pada makanan sehat dibanding sekedar memberinya kalori. (Foto: Theblendtrend)

Metrotvnews.com, Jakarta: Si kecil sulit gemuk? Jangan dulu menyatakan bahwa ia tidak sehat, karena gemuk sendiri belum tentu pertanda sehat. Jika ia sulit naik berat badan, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, Guru Besar Pangan dan Gizi IPB memberikan tipsnya.

Fokuskan pada makanan sehat dibanding sekedar memberinya kalori:

1. Beri makanan bernutrisi yang tinggi kalori

Seperti buah kering (dried fruit misalnya kismis) yang dicampur pada sereal, kacang-kacangan pada bubur gandum atau salad, atau parutan keju dalam omelet. 

Buat sereal hangat, cokelat, dan pancake dengan menggunakan susu daripada air.

(Baca juga: 6 Cara Sehat Menambah Berat Badan Anak)

2. Berikan camilan bergizi

Camilan sebagai selingan diantara waktu makan, termasuk saat menjelang tidur malam. Beberapa pilihan yang baik antara lain roti bakar gandum dengan selai kacang dan buah-buahan. 

Satu iris daging kalkun dan keju yang di gulung. Atau smoothie yang diblender dengan yogurt, susu, buah-buahan dan sedikit madu.

3. Biarkan ia menikmati makanannya
Pastikan si kecil memiliki cukup waktu untuk menikmati makanannya dan jangan membuatnya merasa diburu-buru. Jika mungkin, hindari memberinya jadwal kegiatan mendekati waktu makan malam.

4. Berikan setengah gelas air minum
Isi gelas minum anak hanya setengah penuh saat dia makan, dan baru tambahkan air minumnya ketika sudah cukup makan.






(TIN)