Lembur pada Wanita Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 08 Nov 2016 17:55 WIB
kesehatan
Lembur pada Wanita Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung
Lembur yang terus-menerus memang tak baik, apalagi dapat menyebabkan lingkar perut melebar. (Foto: Haircutsphotos)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini  bukan hal yang aneh lagi bila wanita mendapatkan porsi kerja yang sama dengan pria. Namun kebiasaan lembur ternyata jauh lebih berbahaya bagi wanita. Mengapa demikian?

"Waktu tidur kurang dari lima jam menyebabkan hormon stres menjadi lebih tinggi dan terjadi peningkatan hormon yang memproduksi peradangan, gula darah, dan tekanan darah," ujar ahli endokrin-metabolik-diabetes Dr. dr. Rr. Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD-KEMD dalam konferensi pers Jakarta Diabetes Meeting (JDM) 2016, Selasa (8/11/2016).

Menurutnya, kesehatan wanita memang tergolong menarik karena melalui beberapa fase perubahan hormonal, yaitu saat pubertas, haid, melahirkan, dan menopause. Hal tersebut menyebabkan wanita lebih rentan terkena beberapa jenis penyakit.

(Baca juga: Waspada Penyakit Jantung!)

Meski demikian, ketua panitian JDM 2016 tersebut menuturkan bahwa wanita lebih terlindung dari segi kesehatan saat masih berada pada masa haid karena produksi hormon esterogen sehingga memperkecil risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Namun, efek tersebut bisa hilang atau berkurang karena adanya faktor dalam tubuh yang disebabkan dari luar, seperti obesitas atau gemuk berlebih.

"Massa lemak akan bertambah dan hal itu menjadi beban bagi pembuluh darah yang ada di seluruh bagian tubuh sehingga proteksi dari estrogen pun berkurang," terangnya.

Selain itu, lembur juga dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah lapar karena terjadi gangguan sistem metabolisme dimana tubuh yang seharusnya istirahat dipaksa untuk bekerja.

"Lembur yang terus-menerus memang tak baik, apalagi dapat menyebabkan lingkar perut melebar," tambahnya.






(TIN)