SMART, Resep Menentukan Tujuan Hidup

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Nov 2016 16:20 WIB
psikologi
SMART, Resep Menentukan Tujuan Hidup
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki tujuan hidup adalah adalah salah satu kunci agar seseorang selalu termotivasi meraih kesuksesan. Pasalnya, tujuan hidup memengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang.

"Tujuannya membuat otak mengarah ke sesuatu yang positif untuk mencapai apa yang dicita-citakannya, sehingga tindakan pun menjadi positif," ujar motivational trainer Rum Martani dalam seminar kesehatan bertajuk "Mental Detoxification: Pikiran Positif, Tindakan Positif, Hasil Positif," pada Rabu (2/11/2016).

Ia menjelaskan ada lima hal yang membuat seseorang bisa mencapai tujuan hidup, yang disingkat dengan SMART.

Pertama, S (spesific). dimana seseorang harus memiliki tujuan hidup yang jelas, sehingga perencanaan untuk mewujudkannya juga menjadi terstruktur.

"Seperti liburan, pasti kita akan merencanakan mau ke mana atau menginap di mana. Tak mungkin kita langsung ke bandara dan menentukan mau pergi ke mana," ujarnya, memberi contoh.

Kedua, M untuk measurable atau terukur. Tujuan yang ingin dicapai setidaknya memiliki ukuran yang jelas, yang dalam hal ini tak melulu soal angka. Misalnya, ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, ia harus menentukan seberapa banyak jumlah yang ingin dihilangkan.

Ketiga, A untuk attainable, atau sesuatu yang dicapai.

Dalam hal ini, pikiran memegang hal yang penting, dimana ketika Anda berpikir mampu, maka Anda akan mampu melakukannya. Oleh karena itu,menjaga pikiran agar tetap positif untuk mencapai suatu tujuan hidup amatlah penting.

Keempat, R untuk realistic atau realistis. Tujuan yang ingin dicapai sebaiknya sesuai dengan keadaan dan kapasitas yang dimiliki.

Terakhir, yang tak kalah penting adalah Time atau waktu. Beri target agar semakin bersemangat mewujudkannya.

"Buatlah jangka waktu untuk suatu tujuan. Kalau hanya 'kapan-kapan' malah tidak akan terjadi," saran dia.

Selain menerapkan kelima hal tersebut, Rum juga mengungkapkan bahwa dukungan dari orang-orang sekitar tentunya akan menjadi suntikan semangat yang bermanfaat.

"Pemahaman sukses memang berbeda bagi tiap orang. Tapi bagi saya, sukses bukanlah sekedar punya apa, dan menjadi apa, tetapi juga dapat memberi kontribusi," tutupnya.


(DEV)