Tak Obati Infeksi Dapat Mengganggu Kerja Ginjal

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Oct 2016 13:03 WIB
kesehatan dan produktivitas
Tak Obati Infeksi Dapat Mengganggu Kerja Ginjal
Kebiasaan menunda buang air kecil dapat menyebabkan infeksi karena bakteri yang tak segera dikeluarkan dan memberi dampak lanjutan pada ginjal. (Foto: Womenshealthmag)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang perlu mendapatkan perhatian khusus, seperti jantung atau hati. 

Organ yang berada di bagian belakang panggul ini berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tak berguna bagi tubuh dalam bentuk urine. Selain itu, ginjal juga menjaga keseimbangan pH pada urine. 

Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting. Namun, beberapa kebiasaan berikut berisiko merusak fungsi ginjal tanpa disadari. Apa sajakah itu?

1. Dehidrasi
salah satu penyebab rusaknya ginjal adalah asupan cairan yang rusak dalam kurun waktu tertentu. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama munculnya batu ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan lainnya. 

2. Konsumsi gula berlebih
Konsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga berpotensi merusak ginjal.

(Baca juga: 7 Minuman untuk Menguras Racun dalam Sistem Pencernaan)

3. Tak mengobati infeksi
Beberapa jenis infeksi seperti virus flu, tonsilis, infeksi pada perut, dan sebagainya dapat menyebabkan kerusakan ginjal karena mikroorganisme penyebab infeksi tersebut harus melalui organ tersebut terlebih dahulu sebelum dikeluarkan dari tubuh. 

4. Konsumsi garam berlebih
Konsumsi makanan asin secara rutin membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah. Akibatnya, kerusakan ginjal pun bisa terjadi. 

5. Olahraga berlebih 
Olahraga berlebih dapat membuat ginjal menegang sehingga kesehatan ginjal terganggu. 

6. Menahan buang air kecil
Aktivitas yang padat membuat seseorang menunda buang air kecil. Padahal, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan infeksi karena bakteri yang tak segera dikeluarkan dan memberi dampak lanjutan pada ginjal. 

7. Konsumsi alkohol
Sebuah studi penelitian menemukan bahwa ketergantungan pada alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh, termasuk ginjal. 







(TIN)